Find Us On Social Media :

AMD Rilis Prosesor Ryzen PRO 7000 Series untuk Mobile dan Desktop

By Dayu Akbar, Kamis, 21 September 2023 | 08:00 WIB

Jerome Ng, Senior Manager, Server & Cloud Marketing Lead AMD Asia Pacific Region; Alexey Navolokin, Director of Commercial Sales, AMD, Asia Pacific Region; Brando Lubis - Commercial Business Development Manager AMD Indonesia.

Guna mendukung seluruh kebutuhan transformasi AI di era digitalisasi, AMD mengumumkan prosesor Ryzen PRO 7040 Series Mobile, Ryzen PRO 7000 Series Desktop, dan Ryzen PRO 7030 Series Mobile. Hal ini diumumkan melalui acara bertajuk “AMD Solution & AI Day - NPI (New Product Introduction) AMD Ryzen™ Pro 7000 Series Processor  & AMD EPYC™ 9004 Series Launch” di Jakarta (20/07).Selain itu, AMD juga memamerkan jajaran laptop premium dan mobile workstation Windows 11 kelas komersial bertenaga prosesor x86 paling canggih dan hemat daya untuk penggunaan bisnis. Ryzen PRO 7040 Series MobileDibangun dengan teknologi 4nm dan menampilkan hingga 8 core “Zen 4” dan grafis terintegrasi RDNA 3, AMD Ryzen PRO 7040 Series memungkinkan tingkat kinerja dan efisiensi yang sangat baik untuk aplikasi bisnis.Salah satu SKU-nya yaitu Ryzen 7 PRO 7840U menawarkan peningkatan kinerja rata-rata 17% dibanding kompetitor x86. Performa CPU-nya juga lebih tinggi hingga 18% dengan ketahanan daya baterai hingga 15% lebih baik saat konferensi video, dibandingkan dengan prosesor Apple M2 Pro.  AMD Ryzen PRO 7040 Series tertentu menampilkan Ryzen AI, mesin AI terintegrasi pertama di dunia pada prosesor x86.

AMD Ryzen PRO 7040 Series Mobile

Mesin AI ini merevolusi laptop bisnis dengan mengaktifkan pengalaman AI premium. Selain itu juga menawarkan pengalaman kolaborasi yang imersif pada platform seperti Microsoft Teams dan aplikasi konferensi video terkemuka lainnya. Kedepannya, ini diharapkan membawa beragam keuntungan unik dalam kolaborasi generasi berikutnya, kreasi, produktivitas, UI prediktif, dan fitur keamanan bertenaga AI. Ryzen AI membantu melengkapi laptop tertentu untuk masa depan pekerjaan dengan AI.      Sementara itu, AMD Ryzen 7 PRO 7840U yang dirancang untuk pekerja hybrid dan on-the-go, memberikan produktivitas canggih dan kolaborasi virtual, dengan kinerja per watt hingga 29% lebih baik dibandingkan dengan kompetitor saat menjalankan benchmark Procyon Overall dan secara bersamaan menggunakan Microsoft Teams. Saat melakukan konferensi video di Microsoft Teams, prosesor Ryzen PRO 7840U jugamenawarkan ketahanan daya baterai hingga 70% lebih lama dari kompetitor.     Ryzen PRO 7000 Series DesktopProsesor Ryzen PRO 7000 Series yang baru menghadirkan hingga 12 core “Zen4” efisiensi tinggi dengan peningkatan frekuensi hingga 5,4 GHz. Didukung pula oleh grafis terintegrasi berbasis arsitektur RDNA 2 untuk menghadirkan kinerja terdepan untuk beban kerja profesional, termasuk peningkatan hingga 48% pada prosesor Ryzen 5 PRO 7645 dalam produktivitas PCMark 10 dan beban kerja ditengah kompetisi.

Ryzen PRO 7000 Series Desktop

Dibangun di atas platform AMD Socket AM5, prosesor ini menawarkan dukungan untuk teknologi terbaru, termasuk memori DDR5, hingga penyimpanan PCIe 5.0, dan WiFi 6E ultra fast, yang memberikan tingkat responsif, kecepatan, dan efisiensi baru bagi para profesional. Dilengkapi dengan rangkaian lengkap fitur pengelolaan dan keamanan tingkat enterprise, prosesor AMD Ryzen dengan teknologi PRO membantu memastikan PC bekerja dengan handal, dengan fitur keamanan disertakan untuk memungkinkan produktivitas dan kolaborasi yang ditingkatkan.            Ryzen PRO 7030 Series MobileAMD juga mengumumkan prosesor Ryzen PRO 7030 Series Mobile terbaru yang dibangun di atas arsitektur core 7nm “Zen 3”, menawarkan kinerja yang telah terbukti dan ketahanan daya baterai yang luar biasa untuk tuntutan lingkungan kerja hybrid saat ini.

Ryzen PRO 7030 Series Mobile

Prosesor Ryzen PRO 7030 Series Mobile juga dilengkapi dengan teknologi AMD PRO, yang memberikan keamanan berlapis dan solusi pengelolaan kelas-enterprise.Sistem pada prosesor Ryzen PRO 7030 Series telah tersedia dari HP dan Lenovo mulai Februari 2023. Sementara untuk pasar Indonesia, laptop bisnis bertenaga prosesor Ryzen PRO 7030 Series Mobile dan Prosesor AMD Ryzen PRO 7040 Series telah tersedia dari OEM terkemuka seperti Lenovo dan HP.