Find Us On Social Media :

WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Flows, Bantu Genjot Transaksi Pengguna

By Adam Rizal, Jumat, 22 September 2023 | 13:00 WIB

Dapat penghasilan tambahan dengan WhatsApp Business

WhatsApp Business meluncurkan fitur terbaru Flows yang memudahkan pengguna bertransaksi baik itu perusahaan maupun konsumen, dalam satu obrolan.

Pendiri dan CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan Flows adalah fitur yang mampu menyesuaikan obrolan secara otomatis sesuai dengan kebutuhan bisnis kepada konsumen. Fitur itu membantu bank membuat janji pertemuan dengan nasabah untuk membuka rekening baru.

"Saya sangat bersemangat untuk mengumumkan beberapa fitur baru yang menurut saya akan membawa perubahan besar bagi bisnis dan sangat berguna bagi banyak orang, yang kami sebut flows WhatsApp," katanya

Fitur Flows dapat menyesuaikan obrolan secara otomatis dengan kebutuhan sang pengguna bisnis kepada konsumen. Contoh, fitur ini dapat membantu maskapai penerbangan membantu penumpang melakukan proses check-in atau pemesanan kursi tanpa harus meninggalkan obrolan.

Hal ini menghindarkan pengguna dari perlu mengunduh banyak aplikasi tambahan.

Nikila Srinivasan, Wakil Presiden Manajemen Produk untuk Pesan Bisnis Meta mengatakan fitur baru ini akan membantu usaha kecil untuk berkembang dan mencapai lebih banyak calon konsumen.

"Kami sangat bersemangat untuk terus mengembangkan investasi usaha kecil dan memikirkan bagaimana kita bisa membuat bisnis mereka lebih besar dengan terhubung secara efisien dengan pelanggan mereka," kata Nikila.

WhatsApp Business sendiri telah mengalami peningkatan signifikan dalam jumlah pengguna, dengan lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia saat ini, dibandingkan dengan 50 juta pengguna pada pertengahan 2020.

Selama tiga tahun terakhir, WhatsApp telah berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Perdagangan untuk memberikan pelatihan digitalisasi pemasaran kepada lebih dari 30.000 UKM di Indonesia.

Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong digitalisasi 30 juta UMKM pada tahun 2024.

Baca Juga: OpenAI Luncurkan Mesin AI Dall-E 3, Dapat Membuat Gambar Lewat ChatGPT

Baca Juga: Jadi Bos Perusahaan Minuman, Robot AI ini Bekerja 24 Jam Non-Stop