Find Us On Social Media :

Bocoran Fitur -fitur AI YouTube yang Bakal Meluncur Tahun Depan

By Adam Rizal, Senin, 25 September 2023 | 09:35 WIB

Nonton YouTube di Televisi Kini Banyak Disukai Orang Indonesia.

Platform video YouTube akan meluncurkan sejumlah alat dan fitur terbaru berbasis teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk para pembuat konten pada awal tahun depan.

Hal itu akan membuat konten-konten di YouTube akan semakin banyak memanfaatkan teknologi AI di masa depan.

Fitur-fitur AI itu akan mencakup pembuatan latar belakang foto dan video menggunakan AI, saran topik video yang diberikan oleh AI, dan pemindaian musik menggunakan AI untuk pencarian.

Salah satu fitur AI yang menarik adalah "Dream Screen" yang memungkinkan pembuatan video dan gambar latar belakang menggunakan AI. Pembuat konten sebelumnya harus mengetik perintah untuk menciptakan latar belakang, tetapi sekarang mereka dapat menggabungkan dan mengedit konten yang ada dengan bantuan alat AI, menciptakan sesuatu yang baru.

Dalam acara 'Made on YouTube,' perusahaan telah mendemonstrasikan fitur Dream Screen yang mampu menghasilkan latar belakang dalam hitungan detik berdasarkan perintah yang singkat.

Selain itu, alat-alat AI akan memberikan panduan kepada pembuat konten tentang jenis konten yang dapat mereka buat. Fitur AI baru di YouTube Studio akan menghasilkan ide topik dan garis besar untuk video yang berpotensi sukses.

YouTube mengungkapkan bahwa saran yang diberikan oleh AI akan disesuaikan dengan setiap pembuat konten dan akan dipengaruhi oleh tren yang sedang berlangsung di antara penonton.

Selain itu, sistem rekomendasi musik yang didukung oleh AI akan mengambil deskripsi tertulis dari video pembuat konten dan menyarankan audio yang sesuai seperti dikutip The Verge.

Terakhir, YouTube juga mengumumkan fitur sulih suara AI yang memungkinkan pembuat konten untuk mengalihbahasakan video mereka ke dalam bahasa lain. Mereka bekerja sama dengan tim Aloud dari inkubator Area 120 untuk mengembangkan fitur ini pada awal tahun ini.

Baca Juga: Microsoft Tingkatkan Kemampuan Pencarian Bing AI dengan DALL-E 3

Baca Juga: Langgar Hak Cipta, Penulis Terkenal Game of Thrones Dkk Gugat ChatGPT