Find Us On Social Media :

Makin Canggih, Amazon Integrasikan Asisten Virtual Alexa dengan AI

By Adam Rizal, Senin, 25 September 2023 | 16:00 WIB

Amazon Alexa

Amazon mengupdate asisten virtualnya Alexa dengan teknologi artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan generatif sehingga Alexa jauh makin pintar dan cerdas. Kehadiran teknologi AI itu membuat banyak orang ingin membeli speaker pintar Amazon Echo yang berbasis Alexa.

Kehadiran teknologi AI itu membuat Alexa dapat berbicara lebih alami, meninggalkan nada robotik yang telah ada selama hampir satu dekade, dan mampu menjawab pertanyaan seperti waktu pertandingan sepak bola atau resep masakan. Bahkan, Alexa dapat membuat dan membacakan puisi, seperti yang ditunjukkan dalam acara peluncuran produk tahunan Amazon di Arlington, Virginia.

Meskipun Amazon memperkenalkan Alexa pada 2014, mereka belum berhasil membuatnya menguntungkan secara konsisten. Sebaliknya, mereka lebih sukses mengarahkan pembeli ke situs web perusahaan untuk melakukan pembelian lebih lanjut.

Alexa biasanya diakses melalui speaker atau televisi yang diaktifkan dan memberikan jawaban verbal atas pertanyaan pengguna, seperti cuaca lokal, serta berfungsi sebagai pusat kontrol perangkat rumah.

Namun, perusahaan berbasis di Seattle ini berusaha untuk menghidupkan kembali Alexa, terutama setelah kemunculan ChatGPT dari OpenAI pada November 2022, yang dapat memberikan jawaban tertulis panjang untuk pertanyaan yang kompleks. Chatbot serupa telah menarik minat investor dalam startup kecerdasan buatan generatif.

Dave Limp (Kepala Hardware Amazon) menyatakan dalam acara tersebut, "Anda sekarang dapat berbicara dengan Alexa seperti berbicara dengan manusia nyata."

Selain itu, Amazon juga memperkenalkan beberapa produk baru, termasuk tablet anak-anak Fire yang diperbarui, soundbar untuk televisi, dan fitur pencarian baru dalam layanan FireTV untuk menemukan konten gratis.

Produk-produk baru lainnya termasuk Echo Hub touchscreen yang dipasang di dinding, pembaruan pada kacamata mata hitam Echo Frames, serta versi perbaruan dari kamera keamanan luar ruangan Blink dan penguat sinyal Wi-Fi Eero.

Amazon juga memperlihatkan fitur baru untuk aplikasi Alexa yang memetakan perangkat yang terhubung ke internet di seluruh rumah pengguna untuk pengendalian yang lebih mudah.

Baca Juga: Rekomendasi Tool AI untuk Tingkatkan Produktivitas Penulis Konten

Baca Juga: Bocoran Fitur -fitur AI YouTube yang Bakal Meluncur Tahun Depan