Find Us On Social Media :

Inecosolar Bakal Bangun Panel Surya di Fasilitas Logistik Lazada

By Rafki Fachrizal, Senin, 25 September 2023 | 19:00 WIB

Penandatanganan kerja sama antara Lazada Logistics dengan Inecosolar.

Lazada Indonesia melalui unit bisnisnya Lazada Logistics, bekerja sama dengan Inecosolar, akan memasang panel surya dengan kapasitas 396  kilowatt peak (kWp) yang menghasilkan lebih dari 555.000  kilowatt hour (kWh) per tahun di fasilitas logistik terbesar Lazada yang berlokasi di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian sewa tenaga surya antara Lazada dan Inecosolar, yang diwakili oleh Philippe Auberger, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia, dan Benoît Prim, Founder & Managing Director Inecosolar, di Pullman Hotel Jakarta Indonesia Thamrin CBD, Jakarta, pada Senin (25/09).

"Komitmen kuat kami untuk membangun bisnis yang berkelanjutan dan menciptakan dampak positif sejalan dengan prinsip-prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (Environment, Social, Governance - ESG). Berbagai langkah dan upaya kami, termasuk dengan penggunaan energi terbarukan dengan pemasangan panel surya pada fasilitas logistik kami, diharapkan dapat berkontribusi dalam mengurangi dampak lingkungan dan melanjutkan upaya keberlanjutan di sektor logistik secara lebih luas," kata Philippe Auberger, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia.

Menurut Philippe, pemasangan panel surya adalah salah satu inisiatif untuk mendukung upaya keberlanjutan di Lazada.

Pemasangan panel surya di fasilitas logistik terbesar Lazada diperkirakan dapat mereduksi hingga 400 ton emisi karbon per tahun.

“Inisiatif pemasangan panel surya ini juga dilakukan untuk mendukung pencapaian target campuran energi baru terbarukan (EBT) pemerintah sebesar 23% pada tahun 2025," tambah Philipe.

Sebelumnya, Lazada telah memasang panel surya di fasilitas (hub) Lazada Logistics di Bali; eco-hub pertama yang menerapkan konsep operasional logistik yang lebih ramah lingkungan.

Benoît Prim, Managing Director Inecosolar, menyampaikan kegembiraannya atas kerja sama dengan Lazada.

"Penawaran layanan energi kami kepada salah satu platform eCommerce terkemuka di Asia Tenggara menjadi pencapaian signifikan bagi Inecosolar. Sebagai salah satu penyedia layanan energi menyeluruh di Indonesia, tujuan kami adalah menyediakan paket yang pertama di jenisnya untuk Lazada, yang menawarkan layanan pembiayaan, konstruksi, operasi, dan pemeliharaan menyeluruh, tanpa biaya awal,” tutur Benoît.

Instalasi panel surya ini diharapkan bisa mengurangi sekitar 400 ton emisi karbon per tahun dan memenuhi sekitar 13% kebutuhan listrik di gudang Lazada, memberikan dampak positif pada lingkungan.

Selain pemasangan panel surya, Lazada juga telah melakukan berbagai inisiatif transisi energi dan berinvestasi dalam upaya keberlanjutan.

Mulai dari penggunaan lampu LED dengan sistem pengendalian pencahayaan otomatis untuk penggunaan energi yang efisien di fasilitas Lazada Logistics, penggunaan armada berbasis listrik dan sepeda BlueVehicle untuk pengiriman paket, aplikasi teknologi smart routing dan internet of things (IoT) untuk pengiriman barang yang lebih cepat, serta penggunaan kemasan ramah lingkungan dengan kotak karton bersertifikat Forest Stewardship Council (FSC) dan penggunaan kertas serut daur ulang sebagai pengganti plastik.

Lazada meyakini bahwa inisiatif keberlanjutan ini akan mendorong operasi perusahaan yang lebih efektif dan efisien, yang mendukung komitmen Lazada untuk mengembangkan bisnis secara berkelanjutan dan jangka panjang di Indonesia.

"Melalui pemanfaatan energi terbarukan di fasilitas logistik kami, kami berharap dapat menjadikan operasional kami lebih ramah lingkungan untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan jangka panjang Lazada," pungkas Philippe.

Baca Juga: Cocok Buat UMKM, Ini Delapan Keuntungan Jualan Online di Lazada