Find Us On Social Media :

Microsoft Akhirnya Umumkan Ketersediaan Layanan Microsoft Copilot

By Rafki Fachrizal, Rabu, 27 September 2023 | 13:15 WIB

Peluncuran Microsoft Copilot.

Pada sebuah perhelatan besar di New York yang digelar baru-baru ini, raksasa teknologi Microsoft mengumumkan peluncuran layanan Microsoft Copilot.

Layanan berbasis teknologi AI (artificial intelligence) itu dirancang untuk merevolusi cara manusia berinteraksi dengan teknologi dan meningkatkan produktivitas.

Layanan ini bakal tersedia di Windows 11, Microsoft 365, Edge, dan Bing untuk memberikan pengalaman mulus bertenaga AI pada seluruh aplikasi dan perangkat.

“Kita memasuki era baru AI, yang secara fundamental mengubah cara kita berhubungan dan memanfaatkan teknologi. Dengan konvergensi chat interface dan large language models, kini Anda dapat menanyakan apa pun yang Anda inginkan dalam bahasa sehari-hari, dan teknologinya cukup pintar untuk menjawab, membuat, atau mengambil tindakan. Di Microsoft, kami melihat hal ini seperti memiliki copilot untuk membantu menavigasi tugas apa pun,” ujar Yusuf Mehdi, Corporate Vice President & Consumer Chief Marketing Officer, Microsoft.

Kemampuan Microsoft AI telah disatukan ke dalam satu pengalaman yang disebut Microsoft Copilot.

Microsoft Copilot secara unik akan menggabungkan konteks dan kecerdasan web, data pekerjaan pengguna, dan apa pun yang tengah pengguna lakukan di PC/laptop untuk memberikan bantuan yang lebih baik – dengan tetap mengedepankan privasi serta keamanan pengguna.

Microsoft Copilot akan tersedia secara gratis di Windows 11, Microsoft 365, dan web browser Edge serta Bing; tersedia sebagai aplikasi, atau dapat muncul sendiri ketika dibutuhkan hanya dengan mengklik kanan.

Layanan ini akan mulai diluncurkan dalam bentuk awalnya pada rilis Windows 11 berikutnya mulai tanggal 26 September 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Microsoft juga mengumumkan bahwa Microsoft 365 Copilot bakal tersedia secara umum bagi pelanggan enterprise mulai 1 November 2023 bersama dengan peluncuran Microsoft 365 Chat.

Baca Juga: Microsoft Surface Laptop Studio 2 Resmi Meluncur, Pakai Chip AI

Baca Juga: Telkomsel Integrasikan Microsoft Azure OpenAI ke Asisten Veronika