Find Us On Social Media :

Tak Mau Kalah, Apple Kembangkan Chatbot AI Generatif Mirip ChatGPT

By Adam Rizal, Sabtu, 30 September 2023 | 15:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

CEO Apple Tim Cook mengonfirmasi bahwa Apple saat ini sedang mengembangkan teknologi artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan generatif mirip dengan teknologi seperti ChatGPT.

Untuk mewujudkan ambisinya itu, Apple merekrut lebih dari setengah juta pekerja di Inggris.

Cook mengharapkan pengembangan AI ini memberikan banyak keuntungan bagi manusia dan mempekerjakan lebih banyak orang di negara tersebut. Teknologi AI sudah ada di dalam berbagai produk Apple saat ini, seperti dalam fitur Deteksi Jatuh di Apple Watch, Deteksi Kecelakaan, Deteksi Afib (fibrilasi atrium), dan EKG.

"Apple sedang melakukan penelitian dan pengembangan teknologi AI generatif miripChatGPT," ujarnya.

Cook mengatakan Apple sedang menginvestigasi AI generatif, dan bahwa ada banyak aspek yang perlu mereka eksplorasi. Inggris memiliki populasi pekerja yang besar, dan bahwa negara ini memiliki komunitas pengembang teknologi terkemuka di Eropa.

Pengumuman ini mengikuti tren di industri teknologi di mana banyak perusahaan mengadopsi teknologi generatif AI, seperti yang telah dilakukan oleh OpenAI dengan ChatGPT. Misalnya, Microsoft menggunakan GPT-4 untuk meningkatkan Microsoft Bing, dengan hasil peningkatan pengguna.

Namun, rincian lebih lanjut tentang bagaimana Apple akan mengintegrasikan generatif AI ini ke dalam produk dan ekosistem mereka masih belum jelas, meskipun Cook menyatakan bahwa kecerdasan buatan telah digunakan dalam berbagai fitur Apple selama ini, tidak terbatas pada chatbot AI.