Find Us On Social Media :

Korea Selatan Kenalkan Zaein, Avatar Virtual Berbasis Teknologi AI

By Liana Threestayanti, Rabu, 4 Oktober 2023 | 20:29 WIB

Perkenalkan, Zaein, avatar virtual serba bisa asal Korea Selatan yang dibuat dengan artificial intelligence (AI).

Perkenalkan, Zaein, avatar virtual serba bisa asal Korea Selatan yang dibuat dengan artificial intelligence (AI).

Berambut hitam panjang, manis, dan makeup sederhana, Zaein dapat menyanyi, membaca berita, dan menjual pakaian mewah.

Avatar AI ini diciptakan oleh perusahaan bernama Pulse9. Fokus pada AI, perusahaan asal Korea Selatan ini telah membuat beberapa karakter digital untuk beberapa konglomerat terbesar di negeri ginseng ini. Salah satunya adalah Shinsegae, chaebol atau konglomerasi besar yang bergerak di bisnis retail. 

Park Ji-Eun, CEO Pulse9 kepada AFP mengatakan bahwa perusahaannya sedang mengembangkan teknologi untuk memperluas penggunaan AI pada manusia.

Zaein dibangun dengan teknologi deepfake. Wajah Zaein dirancang menggunakan proses yang dikenal dengan deep learning, yaitu mengajarkan komputer dengan metode berbasis otak manusia. Algoritma tersebut memindai wajah bintang-bintang K-pop selama dua puluh tahun terakhir.

Sementara karakter Zaein dibangun dari karakter lusinan manusia, masing-masing memiliki bakat berbeda, seperti menyanyi, menari, akting, dan sebagainya yang kemudian dipadukan dengan deepfake.

Perkembangan AI di Korea Selatan terbilang pesat. Center for Security and Emerging Technology dari Georgetown University mencatat bahwa Korea Selatan adalah pemimpin global dalam hal produksi paten AI, dan merupakan kontributor penting dalam penelitian AI.

Korea Selatan juga produsen penting semikonduktor yang dibutuhkan dalam pengembangan AI. 

Masih berdasarkan data Georgetown University, pasar AI di Korea Selatan tumbuh pesat dengan investasi sebesar $2,76 miliar atau sekitar Rp43,1 miliar di perusahaan-perusahaan swasta di bidang AI pada 2021.

Baca juga: Nih! Keuntungan Punya Laptop dengan Teknologi AI, Cepat dan Efisien

Baca juga: Penerjemah AI ini Bantu UMKM Lokalisasi Konten Tembus Pasar Global