Find Us On Social Media :

Gandeng Samsung, Sinar Mas Land Kembangkan Smart City di BSD City

By Liana Threestayanti, Kamis, 5 Oktober 2023 | 17:03 WIB

Dalam upaya mentransformasikan BSD City menjadi integrated smart digital city, Sinar Mas Land menjalin kemitraan strategis dengan Samsung. (Foto: Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land (kanan) dan Oh Sechul, CEO Samsung C&T Engineering & Construction Group (kiri))

Dalam upaya mentransformasikan BSD City menjadi integrated smart digital city, Sinar Mas Land menjalin kemitraan strategis dengan Samsung.

Melalui anak perusahaannya, Samsung C&T Engineering & Construction Group (Samsung C&T-E&C Group), kolaborasi ini ditujukan untuk mendorong pengembangan kota pintar di Indonesia.

Dalam kolaborasi ini, kedua perusahaan akan mengimplementasikan teknologi smart home, pengembangan teknologi pembangunan infrastruktur perkotaan dan manajemen informasi, serta mengaplikasikan teknologi energi terbarukan.

CEO Samsung C&T-E&C Group, Oh Sechul menyatakan, perusahaannya akan berpartisipasi aktif dalam proyek-proyek smart city di Indonesia, seperti relokasi Ibu Kota Negara dan pembangunan kota baru lainnya. Samsung C&T-E&C Group berencana untuk berpartisipasi aktif dalam proyek-proyek tersebut dengan memanfaatkan teknologi dan keahlian yang kami miliki di bidang pembangunan infrastruktur smart city.”

Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja menyebut bahwa pemerintah menjadikan BSD City sebagai percontohan untuk pembangunan IKN Nusantara. “Teknologi hasil kolaborasi dengan Samsung C&T-E&C Group akan juga kami terapkan di proyek township lainnya yang tersebar di Jabodetabek, Batam, Surabaya hingga Balikpapan yang lokasinya berdekatan dengan Ibu Kota Negara, Nusantara,” ujarnya.

Dikembangkan sejak tahun 1989, Sinar Mas Land mentransformasi BSD City menjadi integrated smart digital city dengan memanfaatkan teknologi dan keahlian dari berbagai perusahaan global terkemuka. 

Selain didukung teknologi canggih, pengembangan BSD City dan proyek Sinar Mas Land juga selaras dengan prinsip ESG (Environmental, Social, Governance) sebagai bentuk komitmen Sinar Mas Land dalam mewujudkan kota pintar yang berkelanjutan di Indonesia.  

Dengan pengalaman 40 tahun di bidang rekayasa dan konstruksi, Samsung C&T Engineering & Construction Group memfokuskan diri pada beberapa bidang usaha, antara lain gedung komersial & hunian, pembangunan infrastruktur, dan konstruksi pabrik. Beberapa proyek merupakan bangunan yang iconic, seperti Burj Khalifa di Dubai dan gedung International Financial Center 2 di Indonesia.