Find Us On Social Media :

Wajib Bayar, Begini Cara Pengguna Instagram dan Facebook Hapus Iklan

By Adam Rizal, Jumat, 6 Oktober 2023 | 13:30 WIB

Facebook Instagram

Pengguna Instagram dan Facebook akan memiliki kemampuan untuk menghapus iklan yang muncul di lini masa mereka.

Untuk mengakses fitur ini, pengguna di Eropa harus membayar biaya sebesar 10 euro atau setara dengan Rp160 ribu.

Langkah ini diambil oleh Instagram dan Facebook sebagai bagian dari upaya Meta untuk mematuhi peraturan Uni Eropa yang mengancam akan membatasi kemampuan perusahaan untuk mengpersonalisasi iklan tanpa persetujuan pengguna, yang juga dapat mengganggu sumber pendapatan utama mereka.

Meta akan memberikan pengguna pilihan antara paket gratis yang masih akan menampilkan iklan dan langganan berbayar seperti dikutip Reuters.

Hal itu mungkin bertujuan untuk mendorong pengguna untuk tetap memilih paket gratis, sehingga memungkinkan Meta untuk tetap mematuhi peraturan Uni Eropa tanpa mengganggu bisnis iklannya.

Tentunya biaya penggunaan fitur itu berbeda di perangkat seluler, mungkin sekitar 13 euro atau setara dengan Rp212 ribu karena Meta akan mempertimbangkan biaya yang dikenakan oleh toko aplikasi Apple dan Google.

Untuk perbandingan, biaya berlangganan paket streaming terendah Netflix adalah 7,99 euro atau sekitar Rp130 ribu, sementara YouTube Premium sekitar 12 euro atau setara dengan Rp196 ribu, dan layanan Premium Spotify sekitar 11 euro atau Rp179 ribu.

Sebelumnya, Meta didenda sebesar 390 juta euro atau setara dengan Rp6,3 triliun oleh Komisioner Privasi Data Irlandia karena tidak mematuhi persyaratan peraturan terkait iklan berdasarkan aktivitas online pengguna.

Meta kemudian berkomitmen untuk meminta persetujuan pengguna di Uni Eropa sebelum memungkinkan penargetan iklan sesuai dengan persyaratan hukum yang berlaku di wilayah tersebut.

Meskipun demikian, juru bicara Meta menyatakan bahwa perusahaan ini masih berupaya untuk menyediakan layanan gratis yang didukung oleh iklan yang dipersonalisasi dan sedang mengeksplorasi opsi-opsi lain untuk memastikan mereka tetap mematuhi persyaratan peraturan yang berkembang.

Baca Juga: Microsoft Rela Bayar Rp234 Triliun Agar Bing Jadi Browser Bawaan Apple

Baca Juga: Spotify Kembangkan Fitur Terbaru Playlist AI, Ini Fungsinya