Find Us On Social Media :

Viral! Begini Cara Buat Foto Buku Tahunan Sekolah Era 90-an dengan AI

By Adam Rizal, Minggu, 8 Oktober 2023 | 13:00 WIB

AI Yearbook

Baru-baru ini, ada tren yang sedang booming di media sosial, yaitu berbagi kolase foto yang mengingatkan kita pada gaya buku tahunan sekolah era 90-an.

Ternyata, foto-foto tersebut dibuat dengan bantuan filter artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Filter AI ini dikenal dengan sebutan Filter AI Yearbook. Sesuai dengan namanya, filter ini memiliki kemampuan untuk mengubah foto-foto menjadi seakan-akan diambil dari era 90-an, mulai dari pakaian, gaya rambut, hingga latar belakang biru dan abu-abu yang populer pada masa itu.

Trend berbagi foto ala buku tahunan sekolah era 90-an menggunakan Filter AI Yearbook bahkan sudah menarik perhatian beberapa artis, termasuk Dian Sastro dan Adipati Dolken.

Menurut informasi dari Fast Company, Filter AI Yearbook adalah salah satu fitur yang ada di dalam aplikasi pengeditan foto bernama EPIK, yang dapat diunduh secara gratis.

Namun, sayangnya, pengguna harus membayar untuk dapat menggunakan Filter AI Yearbook ini. Harganya berkisar antara Rp69 ribu hingga Rp99 ribu, tergantung pada versi yang dipilih.

Ada dua opsi yang tersedia, yaitu versi Standar (Rp69 ribu) dan opsi Express dengan harga Rp99 ribu.

Dengan memilih salah satu dari opsi tersebut, pengguna akan mendapatkan 60 foto hasil editan Filter AI Yearbook yang menghadirkan nuansa buku tahunan sekolah era 90-an.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Filter AI Yearbook:

Baca Juga: Fitur AI ini Bantu Pengiklan Bikin Iklan Menarik di Ads Manager

Baca Juga: Samsung Bakal Pasok Chip AI Generasi Terbaru untuk Tenstorrent