Find Us On Social Media :

Gandeng Alibaba Cloud, Dua Badan Olahraga Dunia Manfaatkan Cloud, AI untuk Keberlanjutan

By Liana Threestayanti, Rabu, 11 Oktober 2023 | 09:48 WIB

Keterangan foto (kiri-kanan): Presiden ICF Thomas Konietzko; General Manager Energy Cloud, Alibaba Cloud Intelligence Group, Wenwen Zhou; Sekretaris Jenderal ICF Richard Pettit.

Dua federasi olahraga dunia, World Baseball Softball Confederation (WBSC)  dan International Canoe Federation (ICF), akan memanfaatkan teknologi cloud dan AI dari Alibaba untuk mewujudkan ajang olahraga yang keberlanjutan

Dalam kemitraan ini, Alibaba Cloud akan menyediakan solusi-solusi berbasis cloud dan artificial intelligence (AI) untuk membantu WBSC dan ICF dalam meminimalisir dampak lingkungan dalam operasional dan acara-acara yang diselenggarakan dua organisasi tersebut. Langkah ini sekaligus mempromosikan keberlanjutan dan tingkat konsumsi yang bertanggung jawab, serta memperkenalkan kegiatan yang menjawab tantangan iklim dalam komunitas olahraga.

Dengan WBSC, Alibaba Cloud akan mengembangkan produk, layanan, dan solusi yang didesain ulang sesuai dengan kebutuhan setiap acara yang dikelola oleh organisasi ini. Kolaborasi perdana akan dilakukan dalam ajang Piala Dunia Youth Baseball5 di Turki pada 10-15 Oktober 2023. 

Di ajang ini, solusi keberlanjutan Alibaba yang berbasis AI, Energy Expert, dimanfaatkan untuk menghitung jejak karbon, mengidentifikasi sumber emisi, dan memberikan insight mengenai cara mengoptimasi gaya hidup berkelanjutan.

Sementara dalam kerjasamanya dengan ICF, Alibaba Cloud akan berkolaborasi dalam beberapa inisiatif, seperti mengembangkan rangkaian perangkat keberlanjutan yang tepat guna, mengembangkan efisiensi dalam mengadopsi pengukuran keberlanjutan, membuat program untuk manajemen acara yang berkelanjutan, serta memberikan pengalaman baru bagi penonton olahraga lewat media digital. Kedua pihak juga sepakat untuk memperkenalkan inisiatif-inisiatif tersebut pada Komite Olimpiade Internasional dan memulai program pilot pada acara-acara ICF mendatang.

“WBSC, sebagai organisasi internasional yang mengelola baseball dan softball, sangat bangga dapat melanjutkan pengembangan acara-acara kami, beradaptasi untuk masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan,” ujar Marco Ienna, WBSC Chief Operating Officer. Kerja sama dengan Alibaba Cloud ini, menurut Marco Ienna, dapat membantu WBSC mencapai tujuan keberlanjutan sekaligus menjamin basis penggemarnya di seluruh dunia dapat terus menikmati pertandingan-pertandingan yang digelar WBSC.

"Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan WBSC, mengaplikasikan solusi keberlanjutan berbasis cloud dan berbasis AI kami pada acara olahraga mereka," ujar Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence Group. 

Menurutnya, keberlanjutan semakin penting dalam industri olahraga global sehingga Alibaba Cloud berkomitmen untuk menyediakan data yang aktual, insight yang dapat dijalankan, dan rekomendasi optimasi kepada organisasi olahraga seperti WBSC.

Sementara itu, ICF President, Thomas Konietzko mengatakan bahwa kano adalah olahraga yang sangat terkoneksi dengan alam sehingga ICF harus memimpin upaya keberlanjutan dalam acara olahraga bertaraf internasional. 

"Kolaborasi win-win dengan Alibaba Cloud akan membuat ICF semakin mengenal solusi teknologi digital dan solusi lainnya, membuat kano sebagai kendaraan untuk memajukan nilai-nilai keberlanjutan,” imbuh Thomas Konietzko.

“Alibaba Cloud telah berkomitmen untuk mempromosikan upaya-upaya keberlanjutan lewat pemanfaatan teknologi, dan kami sedang memperkenalkan dan menggunakan teknologi-teknologi cloud dan AI terbaru kami untuk mendukung organisasi-organisasi olahraga di seluruh dunia untuk membuat acara olahraga menjadi lebih efisien dan berkelanjutan,” ujar William Xiong, Vice President of Alibaba Cloud Intelligence Group dan General Manager of Enterprise Service Cloud.

Menurutnya, kemitraan Alibaba Cloud dengan ICF adalah bukti lain komitmen jangka panjang perusahaan untuk inovasi olahraga dan upaya-upaya keberlanjutan.

Baca juga: Alibaba Cloud Hadirkan Juru Bahasa Isyarat Virtual di Asian Games 2023

Baca juga: Kalahkan Photoshop, Adobe Bakal Hadirkan Pengeditan Foto Berbasis AI