Find Us On Social Media :

Pemilik ChatGPT OpenAI Raup Cuan Rp65 Miliar pada September 2023

By Adam Rizal, Rabu, 11 Oktober 2023 | 11:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Pendapatan dan unduhan aplikasi chatbot artificial intelligence (AI) ChatGPT mencapai rekor baru.

Hingga September 2023, jumlah unduhan aplikasi ChatGPT tembus 15,6 juta, dengan pendapatan kotor sekitar 4,6 juta Dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp65,5 miliar.

Pendapatan ChatGPT tumbuh sebesar 30-31 persen pada Juli, naik 39 persen pada Agustus, dan turun 20 persen pada September.

Aplikasi ChatGPT di perangkat seluler menghasilkan pendapatan kotor sebesar 2,1 juta dolar AS pada bulan Juni, meningkat menjadi 2,74 juta dolar AS pada bulan Juli, 3,81 juta dolar AS pada bulan Agustus, dan mencapai 4,58 juta dolar AS pada bulan September.

Meskipun mengalami pertumbuhan pendapatan yang signifikan, ChatGPT tidak menjadi aplikasi AI terbesar dalam hal pendapatan karena kompetitor lainnya Ask AI mencatat keuntungan yang lebih besar berkat investasi besar dalam iklan.

Sebagai informasi, Ask AI menghasilkan lebih dari 6,55 juta dolar AS pada bulan Agustus. Salah satu faktor utama pendapatan ChatGPT meningkat adalah Apple dan Google mengambil bagian dari pendapatan pembelian dalam aplikasi.

Selain itu, ChatGPT juga mencatat 15,6 juta pengunduhan pada bulan September dengan total pengunduhan sepanjang sejarah mencapai 52,2 juta, menurut perkiraan dari Appfigures.

Pada bulan September, sekitar sembilan juta unduhan berasal dari Google Play, sementara App Store menyumbang 6,6 juta unduhan lainnya seperti dikutip Tech Crunch.

Selain itu, ChatGPT juga mencatat pertumbuhan dalam jumlah instalasi aplikasi seluler. Pada September 2023, ada 15,6 juta instalasi baru untuk aplikasi ChatGPT mobile versi iOS dan Android, dengan pengguna Android menyumbang jumlah instalasi baru terbanyak, yaitu sekitar 9 juta unduhan di Google Play Store.

Pengguna iOS App Store menyumbang 6,6 juta instalasi baru sisanya. Total instalasi aplikasi ChatGPT mobile mencapai 52,2 juta unduhan di seluruh dunia.

Selain itu, total jumlah pengguna ChatGPT, baik melalui aplikasi seluler maupun situs web, mencapai 180,5 juta pada bulan Agustus 2023, meningkat sebesar 80,5 persen dari 100 juta pengguna pada Januari 2023.

Baca Juga: Panaskan Persaingan AI, China Bakal Bikin Superkomputer Secanggih AS

Baca Juga: Kalahkan Photoshop, Adobe Bakal Hadirkan Pengeditan Foto Berbasis AI