Find Us On Social Media :

Meta Hadirkan Chatbot AI Selebriti, Kendall Jenner Jadi Kakak Virtual

By Adam Rizal, Kamis, 12 Oktober 2023 | 09:00 WIB

Meta Hadirkan Chatbot AI Berwajah Artis Hollywod, Ini Fungsinya

Meta Platforms Inc. memperkenalkan 28 AI chatbot yang menampilkan wajah selebriti mulai dari Kendall Jenner hingga Tom Brady.

Chatbot Kendall Jenner bernama Billie bertugas sebagai kakak virtual dan memberikan saran kepada pengguna. Sedangkan, Tom Brady yang bernama Bru bertugas sebagai instruktur olahraga.

Meta menawari salah satu konten kreator papan atas senilai USD5 juta atau Rp85 miliar hanya untuk enam jam di dalam studio.

Di dalam studio, Meta akan menggunakan kemiripan wajah para selebritis itu untuk kepentingan chatbot.

Meta rela mengeluarkan harga yang mahal untuk AI mempersonalisasi wajah selebriti.

"Saat ini pasar membutuhkan AI versi selebriti. Kami siapa membayar mahal untuk itu," kata CEO Meta Mark Zuckerberg seperti dikutip Gizmochina.

Tantangan lainnya, peluncuran chatbot virtual versi selebriti memerlukan waktu lama karena masalah keamanan branding para selebriti.

Para selebriti Hollywod itu khawatir jika citra chatbot mereka dimanipulasi dan melontarkan pernyataan yang tidak pantas atau kontroversial.

Tak hanya tokoh selebriti AI, Meta juga meluncurkan stiker AI dengan cepat mendapat kecaman.

Pengguna berhasil membuat gambar-gambar yang meresahkan, termasuk seorang tentara anak-anak dan penggambaran Justin Trudeau yang tidak senonoh. Contoh-contoh ini menimbulkan kekhawatiran mengenai penggunaan etis teknologi AI dan moderasi konten.

Aspirasi perusahaan untuk merevolusi pengalaman chatbot dapat mengantarkan era baru AI interaktif atau sebaliknya. Ini adalah pertaruhan yang diawasi dengan ketat oleh dunia teknologi.