Find Us On Social Media :

Desain Lebih Minimalis, Apa saja Fitur-fitur Terbaru Samsung One UI 6?

By Adam Rizal, Jumat, 13 Oktober 2023 | 15:00 WIB

Antarmuka Samsung One UI 6?

Samsung resmi meluncurkan One UI 6, sistem antarmuka Android terbaru mereka, dalam acara Samsung Developer Conference 2023 yang digelar di San Francisco pada 5 Oktober lalu. One UI 6 membawa sejumlah perubahan signifikan dalam tampilannya, mencakup elemen-elemen seperti jam di layar kunci, menu Quick Panel, dan widget cuaca.

Perubahan utama terlihat pada Quick Panel yang telah didesain ulang oleh Samsung. Tombol Wi-Fi dan Bluetooth sekarang ditempatkan di bagian atas menu dengan ukuran yang lebih besar untuk memudahkan akses pengguna. 

Selain itu, Samsung juga memperkenalkan tampilan baru untuk widget cuaca mereka, yang kini memiliki elemen unik - jika ada perkiraan hujan besok, widget akan menampilkan avatar yang mengingatkan pengguna untuk membawa payung.

Selain tampilan, One UI 6 juga membawa beberapa pembaruan menarik lainnya, seperti penggunaan font dan emoji baru. Selain itu, ada juga aplikasi editing video terbaru yang diberi nama Samsung Studio, memungkinkan pengguna smartphone Samsung untuk mengedit video yang diambil dengan perangkat Galaxy mereka secara langsung.

Meskipun belum ada informasi pasti mengenai tanggal peluncuran One UI 6, Samsung telah mengumumkan beberapa smartphone yang akan mendapatkan pembaruan ini. Pengguna dari smartphone-smartphone tersebut bisa menantikan pembaruan yang seharusnya segera tiba.

Kamera Jumbo

Saat ini Samsung menghadirkan kamera 200 megapixel pada flagship Samsung Galaxy S23 Ultra yang ukuran resolusinya melampaui kamera iPhone 15 Pro Max dalam hal resolusi.

Tak cukup sampai disitu, Samsung sedang fokus mengembangkan dua sensor kamera ISOCELL terbaru dengan resolusi 432 megapiksel.

Pemberitaan ini berasal dari sumber terpercaya, Revegnus, yang telah terbukti memiliki reputasi baik dalam menyampaikan informasi akurat terkait produk-produk Samsung.

Menurut laporannya, Samsung sedang membuat dua sensor ISOCELL terbaru bernama HW1 dan HW2 yang keduanya memiliki resolusi 432MP dan ukuran sensor 1 inci.

Sensor ISOCELL HW1 berukuran 1/1,05 inci dengan piksel berukuran 0,56 µm. Sedangkan, ISOCELL HW2 berukuran 1/1,07 inci dengan piksel lebih kecil, yakni 0,5 µm.

Kedua sensor itu diyakini akan menggunakan teknik pixel binning untuk menggabungkan beberapa piksel menjadi satu, hasilnya adalah gambar yang lebih tajam dan kualitas yang lebih baik, terutama dalam situasi pencahayaan yang kurang ideal.

Selain itu, sensor ini juga dipercaya menjadi bagian dari seri ISOCELL HW pertama yang dikembangkan oleh Samsung.

Pada Juli 2022, Samsung mengajukan merek dagang HexaPixel, mengisyaratkan kemungkinan penggunaan teknologi pixel binning dengan rasio 36:1, yang setara dengan resolusi 432 megapiksel seperti dikutip Gizmochina.

Samsung direncanakan akan merilis smartphone pertamanya dengan sensor kamera 432 megapixel pada awal 2025. Kemungkinan Samsung Galaxy S25 akan menggunakan sensor kamera 432 megapixel.

Selain sensor kamera 432 megapixel, Samsung juga mengembangkan sensor kamera 200MP baru untuk Galaxy Z Fold 7, yang dikenal sebagai ISOCELL HP5. Sensor ini akan memiliki ukuran 1/1,3 inci dengan piksel berukuran 0,5µm.