Find Us On Social Media :

Layanan Data Streaming Confluent di Alibaba Cloud Bakal Hadir di Indonesia

By Liana Threestayanti, Rabu, 18 Oktober 2023 | 19:21 WIB

Dari Cina daratan, layanan data streaming Confluent, Inc. (Confluent) di Alibaba Cloud diperluas ke pasar di wilayah Asia, termasuk Indonesia.

 

Dari Cina daratan, layanan data streaming Confluent, Inc. (Confluent) di Alibaba Cloud diperluas ke pasar di wilayah Asia, termasuk Indonesia, Hong Kong, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand mulai akhir tahun ini. 

Bisnis modern dituntut untuk berjalan secara real time. Oleh karena itu, platform data streaming saat ini pun menjadi kebutuhan bisnis yang penting di hampir setiap industri. Menurut APAC Data Streaming Report 2023, 89% pemimpin teknologi di Asia Pasifik menyatakan bahwa investasi dalam data streaming sangatlah penting.Sementara 69% di antaranya mengatakan, mereka menggunakan data streaming untuk menjalankan aplikasi-aplikasi penting.

Contoh penggunaan data streaming adalah memberikan pengalaman mobile real time pada aplikasi transportasi ride sharing. Misalnya, mencocokkan penumpang dengan pengemudi, menyediakan dinamika tarif dan memperbarui perkiraan waktu kedatangan pengemudi. 

Di bidang ritel, layanan data streaming dapat membantu mempersonalisasi pengalaman berbelanja konsumen, di setiap kanal penjualan dan interaksinya, secara real time. 

Hal ini sedikit banyak melatarbelakangi perluasan kerja sama Confluent dan Alibaba Cloud. Dengan perluasan ini, perusahaan dan organisasi di Indonesia, Hong Kong, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand akan memiliki akses ke platform data streaming Confluent di Alibaba Cloud. 

Solusi ini, seperti yang di tampilkan pada acara data streaming Apache Kafka teknologi, memungkinkan pelanggan untuk memiliki kemampuan pemrosesan data yang lebih kuat dan efisien, termasuk fungsi komputasi dan penyimpanan fleksibel yang ditingkatkan, serta dukungan pelanggan yang khusus dan konsultasi teknis. 

Pelanggan dapat menikmati semua fitur berkualitas enterprise dari Kafka tanpa harus mengurus fungsi-fungsi manajemen dan pemantauan, dan di saat bersamaan dapat mengolah aliran data dengan keamanan berkelas enterprise. Platform data streaming Confluent telah digunakan untuk meningkatkan efisiensi operasi bisnis di berbagai industri, termasuk jasa keuangan, ritel omnichannel, otomotif, dan game.

"Dengan memperluas kemitraan kami dengan Alibaba Cloud dari Cina daratan hingga ke seluruh Asia, lebih banyak organisasi sekarang dapat menggerakkan data mereka dengan memanfaatkan wawasan data real-time yang fleksibel. Kemampuan tambahan yang telah kami dan Alibaba Cloud aktifkan menyediakan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan kami. Ini secara signifikan mempercepat waktu untuk mendapatkan nilai dan meningkatkan produktivitas pengembang dalam membangun aplikasi streaming real-time mereka," ujar Kamal Brar, Senior Vice President APAC, Confluent.

Menurut Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence Group,  perluasan ini merupakan bukti dari keberhasilan kemitraan kedua perusahaan, yang memungkinkan Alibaba Cloud dan Confluent mendukung lebih banyak pelanggan seiring meningkatnya permintaan untuk menghubungkan aplikasi perusahaan dan sistem data secara real-time.