Find Us On Social Media :

Yandex Undang IT Pro Indonesia Ikuti Kompetisi Programming Yandex Cup

By Liana Threestayanti, Kamis, 19 Oktober 2023 | 17:37 WIB

Perusahaan teknologi Yandex kembali menggelar Yandex Cup, kompetisi programming/coding tahunan tingkat dunia dengan total hadiah tahun ini mencapai lebih dari US$80.000 atau setara Rp1 miliar rupiah.

Dalam lomba yang menggunakan Bahasa Inggris ini, Yandex mengundang peserta dari Indonesia untuk berkompetisi dalam kategori “Algoritma”, di mana peserta akan berfokus pada programming yang kompetitif. 

Kompetisi Yandex Cup 2023 ini akan memberikan hadiah uang yang beragam untuk para pemenangnya, dari US$1000 hingga US$5000. Nilai hadiah uang ini akan mengikuti nilai tukar mata uang asing pada saat pembayaran berlaku. 

Tantangan yang akan dikompetisikan pada Yandex Cup ini, dirumuskan oleh para pekerja IT di Yandex dan terinspirasi dari tugas yang dihadapi dalam pekerjaan mereka sehari-hari. Kompetisi ini terbuka bagi para developers pada semua tingkatan keahlian, mulai dari para pemula/pelajar hingga para profesional di bidang IT yang berpengalaman. 

Tahun ini, kompetisi Yandex Cup dilakukan dalam tiga tahapan. Putaran kualifikasi dan semifinal akan ditayangkan secara online. Sedangkan para peserta yang berhasil masuk ke babak semifinal akan diundang secara langsung menghadiri acara final dan penyerahan hadiah, di mana seluruh biaya perjalanannya akan ditanggung oleh Yandex.

Untuk pertama kalinya setelah tiga tahun, Yandex Cup akan mengundang para peserta untuk hadir di acara final, dan menerima hadiah secara langsung. Dalam kesempatan ini, peserta juga akan berkesempatan menunjukkan keahliannya, serta bertemu dengan para developer dari negara-negara lain. 

Untuk mengikuti lomba ini, peserta dapat mendaftarkan diri melalui tautan ini dan pendaftaran dibuka sampai tanggal 29 Oktober 2023. Putaran kualifikasi akan dilaksanakan pada 23 - 29 Oktober, diikuti dengan putaran semifinal pada tanggal 4 November 2023. Sedangkan acara final dan penyerahan hadiah untuk para pemenang dengan nilai tertinggi akan diadakan pada tanggal 2 dan 3 Desember 2023 mendatang. 

Yandex telah melangsungkan kompetisi programming ini sejak tahun 2011. Di tahun 2022, setidaknya ada 16.000 peserta dari 67 negara yang telah berpartisipasi dalam Yandex Cup 2022.