Find Us On Social Media :

Microchip Umumkan Lini MCU 32 Bit PIC32CZ CA dengan Modul Keamanan

By Cakrawala Gintings, Kamis, 19 Oktober 2023 | 23:15 WIB

Microchip mengumumkan lini MCU 32 bit baru, PIC32CZ CA, yang menawarkan modul keamanan pada produk tertentu untuk cyber security lebih baik.

Microchip Technology belum lama ini telah mengumumkan lini MCU (microcontroller unit) 32 bit baru, lini PIC32CZ CA. Ditujukan untuk penggunaan sehubungan industri maupun consumer, MCU alias mikrokontroler baru ini disebutkan Microchip bisa memberikan cyber security yang lebih tinggi. Pasalnya, ada MCU dari lini Microchip PIC32CZ CA yang dilengkapi dengan HSM (hardware security module — modul keamanan peranti keras). Selain itu, lini Microchip PIC32CZ CA dilengkapi pula dengan dukungan koneksi yang luas.

Kombinasi cyber security yang lebih baik dan dukungan koneksi yang luas membuat lini Microchip PIC32CZ CA dapat dipakai untuk berbagai model penggunaan. Microchip pun menekankan bahwa kini cyber security threat telah berkembang dan menjadi makin canggih. Lini Microchip PIC32CZ CA bisa membantu para desainer untuk mengintegrasikan cyber security ke dalam berbagai produk rancangannya.

Terdapat empat produk pada lini Microchip PIC32CZ CA saat diumumkan, yakni Microchip PIC32CZ CA90 dan Microchip PIC32CZ CA80, masing-masing dengan opsi ukuran flash memory 8 MB dan 4 MB. Namun Microchip mengatakan bahwa lini PIC32CZ CA juga mendukung flash memory berukuran 2 MB. Microchip PIC32CZ CA90 dilengkapi dengan HSM, sedangkan Microchip PIC32CZ CA80 tidak. Microchip PIC32CZ CA90 cocok untuk aplikasi yang membutuhkan cyber security lebih tinggi.

Microchip pun menambahkan bahwa lini PIC32CZ CA menggunakan Arm Cortex-M7 dengan kecepatan 300 MHz untuk prosesornya. Sementara, HSM pada Microchip PIC32CZ CA90 dijelaskan Microchip sebagai subsistem yang aman dengan MCU tersendiri. HSM ini menjalankan fitur-fitur cyber security dan firmware, seperti secure boot, key storage, cryptographic acceleration, dan true random number generator.

“Mikrokontroler PIC32CZ CA memudahkan pelanggan kami untuk menerapkan fitur keamanan tertanam dalam desainnya,” ujar Rod Drake, wakil presiden perusahaan unit bisnis MCU32 Microchip. “MCU ini sangat serbaguna dengan opsi factory provisioning pada produksi volume rendah serta konfigurasi lainnya yang dapat disesuaikan seperti koneksi dan memori guna memenuhi berbagai kebutuhan.”

Ditargetkan Microchip untuk berbagai produk yang membutuhkan cyber security yang lebih tinggi lagi, factory provisioning tersedia untuk Microchip PIC32CZ CA90 sehingga membuatnya siap untuk di-deploy. Tersedia Microchip Trust Platform Development Suite untuk melakukan provisioning secara aman yang membolehkan kanal rantai suplai yang aman secara, baik untuk volume tinggi maupun rendah.

Microchip PIC32CZ CA80 ditawarkan dengan harga satuan US$14,8 untuk pembelian per 10.000 unit dan Microchip PIC32CZ CA90 dengan harga satuan US$15,54 untuk pembelian per 10.000 unit. Terdapat juga perkakas pengembangan, yakni PIC32CZ CA90 Curiosity Ultra Development Board, PIC32CZ CA80 Curiosity Ultra Development Board, dan MPLAB Harmony v3.