Find Us On Social Media :

Tangkis Serangan Siber, BlackBerry Luncurkan Asisten Keamanan AI

By Adam Rizal, Sabtu, 21 Oktober 2023 | 15:30 WIB

Ilustrasi BlackBerry

BlackBerry baru saja meluncurkan platform asisten keamanan berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja tim Chief Information Security Officer (CISO).

Asisten keamanan berbasis AI itu akan berperan sebagai analis tambahan di pusat operasi keamanan perusahaan (SOC). Inovasi itu akan menjadi fitur yang tersedia bagi pelanggan CylanceAI seperti dikutip Tech Radar.

Platform keamanan itu memungkinkan tim SOC untuk tetap berada di garis depan dalam menghadapi ancaman siber dengan memanfaatkan kecerdasan buatan untuk memprediksi potensi serangan sehingga tetap berada di posisi terdepan.

"Sistem AI itu telah dilatih menggunakan model bahasa yang besar (LLM), yang memberikan tingkat presisi tinggi dan menjaga privasi data," kata Nathan Jenniges (Senior Vice President dan General Manager Spark di Unit Bisnis Keamanan Siber BlackBerry).

Nathan mengatakan BlackBerry memimpin pasar keamanan siber berbasis AI terhadap inovasi memungkinkan BlackBerry kembali menjadi pelopor dalam industri ini dengan menghadirkan asisten keamanan siber berbasis AI Generatif.

"Solusi baru ini akan membantu pelanggan kami untuk memodernisasi operasi SOC mereka, membantu mereka tetap unggul dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk ancaman yang terus berkembang dan kendala sumber daya," tambahnya.

Platform AI generatif ini memiliki kemampuan untuk memprediksi kebutuhan pengguna, meningkatkan alur kerja secara signifikan, dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk penelitian ancaman.

Peluncuran awal solusi keamanan siber berbasis AI ini akan dibatasi untuk sejumlah pelanggan terbatas dari CylanceAI.

Charles Eagan, Chief Technology Officer BlackBerry, mengatakan teknologi AI generatif memiliki potensi besar dalam memberikan nilai ekonomi yang luar biasa, dan inilah fokus utama kami di BlackBerry. Portofolio paten kami sudah mencakup AI Generatif.

"Melalui inovasi kami, kami berkomitmen untuk menyediakan solusi tingkat perusahaan yang serius dan inovatif, bukan hanya bereaksi terhadap tren pasar," tambahnya.

Baca Juga: Oppo Bakal Integrasikan Teknologi AI ke HP Tanpa Terhubung cloud

Baca Juga: Dibantu AI, Robot Amazon Terbaru ini Kerja Lebih Cepat di Gudang