Find Us On Social Media :

Rekomendasi HP Lipat Terbaik 2023, Lengkap dengan Spesifikasinya

By Adam Rizal, Minggu, 22 Oktober 2023 | 15:00 WIB

Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5

Saat ini ada beragam HP lipat yang diperkenalkan di tahun 2023 menciptakan pilihan menarik bagi konsumen di industri ponsel pintar. Data dari Counterpoint pada kuartal I 2023 menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 64 persen dalam pengiriman ponsel lipat dibandingkan tahun sebelumnya, dengan total pengiriman mencapai 2,5 juta unit secara global.

Minat terhadap ponsel lipat juga meningkat di Indonesia, yang didukung oleh penelusuran kata kunci "HP Lipat" di YouTube dan mesin pencari yang meningkat lebih dari 56 persen pada tahun 2023 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Untuk konsumen yang sedang mencari ponsel lipat, berikut beberapa pilihan yang dapat dijadikan referensi:

1. Samsung Galaxy Z Flip 5

Merupakan ponsel lipat dengan bentuk clamshell terbaru dari Samsung, dilengkapi dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang meningkatkan performa. Layar eksternal yang lebih luas dan engsel baru menjadikan tampilannya lebih tipis. Tersedia dalam empat pilihan warna dengan berbagai konfigurasi RAM dan ROM.

2. Samsung Galaxy Z Fold 5

Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Dirancang untuk mendukung produktivitas, ponsel ini menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 dan memiliki konektivitas 5G serta Wi-Fi 6E. Tersedia dalam tiga konfigurasi RAM dan ROM yang berbeda.

3. OPPO Find N2 Flip

OPPO Find N2 Flip adalah salah satu smartphone yang ditenagai SoC smartphone flagship MediaTek, yakni Dimensity 9000+.

Bersaing dengan Samsung, ponsel ini menggunakan chipset MediaTek Dimensity 9000+ dan memiliki baterai yang lebih besar. Ditawarkan dalam dua warna dengan konfigurasi RAM dan ROM yang beragam.

4. OPPO Find N3 Flip

Suksesor dari Find N2 Flip dengan chipset MediaTek Dimensity 9200 dan kamera Hasselblad yang unggul. Harga di pasar Indonesia belum diketahui.

5. vivo X Flip

Meskipun tidak dirilis di Indonesia, ponsel ini menarik perhatian dengan Snapdragon 8+ gen 1, layar lapang, dan kamera ZEISS. Harga varian RAM dan ROM yang berbeda di Cina.

6. One Plus Open

Ponsel lipat terbaru dengan Snapdragon 8 Gen 2, baterai besar, dan kamera Hasselblad yang kuat. Harganya 1.799 Euro dengan RAM 16 GB dan ROM 512 GB, dengan pasar penjualan yang belum diungkapkan.

Tentu saja, pilihan ponsel lipat tergantung pada preferensi dan kebutuhan pribadi konsumen.