Find Us On Social Media :

Kurang Laku, Canon Hentikan Produksi Kamera Mirrorless Canon EOS M

By Adam Rizal, Rabu, 25 Oktober 2023 | 14:00 WIB

Canon EOS M50 Mark II

Canon menghentikan produksi dan penjualan lini kamera mirrorless EOS M-nya. Situs Canon Jepang mencantumkan kamera-kamera EOS M, mulai dari EOS M generasi pertama hingga EOS M200, EOS M6 Mark II, dan EOS M50 Mark II (dikenal sebagai EOS Kiss M2 di Jepang) dalam kategori "produk dihentikan".

Belum ada pengumuman resmi Canon terkait penghentian lini kamera EOS M, Canon Amerika Serikat (AS) telah mengonfirmasi kepada situs PetaPixel bahwa produksi lini kamera tersebut telah dihentikan.

Selain itu, lensa-lensa dan aksesori untuk seri kamera mirrorless ini juga tidak akan tersedia lagi mulai tahun 2023.

Lini kamera EOS M sudah mendekati akhirnya. Lini kamera ini pertama kali diperkenalkan sebagai upaya Canon, yang dikenal sebagai pemimpin dalam ranah DSLR, untuk masuk ke pasar kamera mirrorless. EOS M generasi pertama dirilis pada bulan Juli 2012.

Awalnya, EOS M ditujukan sebagai alternatif terjangkau untuk fotografer pemula. Seiring berjalannya waktu, lini produk ini berkembang dan mencoba menarik pengguna yang lebih berpengalaman melalui model-model yang lebih canggih seperti EOS M6 dan EOS M50.

Canon juga merancang lensa-lensa mirrorless khusus untuk EOS M dengan mounting EF-M, termasuk lensa zoom dan prime, meskipun pilihan lensa ini lebih terbatas dibandingkan dengan lensa DSLR Canon.

Kamera EOS M itu juga bisa digunakan dengan lensa-lensa DSLR Canon melalui adaptor. Bahkan, pihak ketiga seperti Sigma juga menghasilkan lensa prime untuk EOS M.

Nasib lini EOS M menjadi tidak pasti setelah Canon merilis seri kamera mirrorless baru bernama EOS R, menunjukkan komitmen yang lebih serius terhadap teknologi kamera mirrorless untuk kamera-kamera EOS R dan aksesorinya.

Dengan munculnya model-model APS-C yang terjangkau seperti EOS R50 dan EOS R100, kelanjutan EOS M semakin diragukan, dan penghentian produksinya sepertinya hanya menunggu waktu.

Baca Juga: Resmi Meluncur, Kemampuan AI Snapdragon 8 Gen 3 Meningkat Drastis

Baca Juga: Apple Anggarkan Rp15 Triliun Kembangkan Teknologi AI di iPhone