Find Us On Social Media :

Nuon Digital Indonesia Gandeng Searce dengan Migrasi ke Google Cloud

By Dayu Akbar, Rabu, 25 Oktober 2023 | 18:05 WIB

Anang Efendy, Country Manager, Enterprise and Public Sector, Indonesia, Google Cloud, dan Aris Sudewo, CEO Nuon Digital Indonesia.

Nuon Digital Indonesia mengumumkan kolaborasinya dengan Searce dengan melakukan migrasi ke Google Cloud untuk mendukung 125 juta pengguna aktifnya di Indonesia. Bagi Nuon, aliansi ini juga sebagai langkah dalam mempercepat transformasi digital dan mengoptimalkan proses bisnis.Sementara itu, bagi Searce yang merupakan perusahaan konsultan teknologi modern, aliansi ini merupakan bagian dari strategi mereka untuk menjadi konsultan teknologi IT terdepan dan membantu bisnis dalam mengembangkan masa depan dengan memanfaatkan Cloud, AI, dan Data Analytics. Transformasi digital dengan Google Cloud

Didirikan pada tahun 2010, Nuon sebagai perusahaan yang bergerak dibidang Digital Lifestyle menyediakan konten digital berkualitas bagi jutaan penggunanya. Nuon memiliki peran terhadap dinamika industri konten hiburan digital dengan value chain bisnis yang dimiliki terkait dengan content, platform enabler, dan user experience. Nuon memiliki juga peran dalam menciptakan banyak peluang dan dampak positif sebagai salah satu pelaku bisnis pada sektor digital games, digital music, dan digital edutainment.Dengan meningkatnya jumlah perangkat mobile yang terhubung di Indonesia menjadi 370,1 juta, Nuon tertantang untuk mengembangkan aplikasi lebih cepat, mengurangi ketergantungan pada infrastruktur on-premise, serta meningkatkan keamanan dan biaya.Searce dapat mensolusikan dan memastikan bahwa mereka bekerja sama dengan Google Cloud untuk memigrasikan 30+ server di luar lokasi. Kini, 98% dari aplikasi dan beban kerjanya dihosting di komputasi awan. Bagi perusahaan, kinerja bisnis meningkat 99% dan memberikan layanan mikro kepada klien tiga kali lebih cepat. Pencapaian ini memungkinkan Nuon untuk fokus dalam merespon pasar dengan lebih baik, strategi pasar yang didukung oleh layanan TI yang lincah, fleksibel, dan terukur."Inovasi dan digitalisasi adalah dua prioritas utama yang menjadi fokus Nuon. Dunia digital sedang mengalami transformasi yang cepat dan manfaat serta potensi yang muncul saat ini dari dinamika inovasi teknologi sangatlah besar," kata Aris Sudewo, CEO Nuon Digital Indonesia."Melalui Google Cloud, mereka dapat memanfaatkan infrastruktur autoscaling dan kapabilitas modernisasi aplikasi yang sama dengan yang digunakan untuk mendukung layanan langsung seperti Google Search dan YouTube untuk miliaran pengguna global," ujar Anang Efendy, Country Manager, Enterprise and Public Sector, Indonesia, Google Cloud.“Beralih ke cloud juga akan memungkinkan perusahaan seperti Nuon Digital Indonesia untuk mengakses model dan alat AI generatif tingkat perusahaan melalui platform Vertex AI dari Google Cloud," imbuh Efendy.Ke depannya, Nuon akan terus mengembangkan ekosistem digital lokal dengan menghadirkan konten dan hiburan digital yang berkualitas.