Find Us On Social Media :

Smart City Solok Selatan, Mengangkat Keindahan Puncak Bangun Rejo

By Wisnu Nugroho, Selasa, 31 Oktober 2023 | 12:11 WIB

Suasana sejuk dan pemandangan luas menjadi daya tarik utama Puncak Bangun Rejo di Kabupaten Solok Selatan

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat, jangan terlewat untuk mengunjungi Puncak Bangun Rejo (Puncak BRJ) di Kecamatan Sangir. Karena di sini, Anda akan dimanjakan dengan lanskap perbukitan nan cantik dan udara yang sejuk. Sambil menikmati kopi dan makanan ringan di cafe bergaya modern, Puncak BRJ akan membawa kita ke suasana nyaman dan menentramkan jiwa.

Tessa (20) dan Anggi (23), adalah contoh wisatawan yang menikmati suasana Puncak BRJ. Warga Kecamatan Sangir Balai Janggo ini menuturkan kekaguman mereka tentang tempat ini.  “Di sini suasananya tenang, dan pemandangannya juga bagus. Nggak apa-apa jauh-jauh kami ke sini, biar enak juga ngobrolnya,” ungkap Anggi, yang diamini juga oleh Tessa.

Sebagian besar wilayah kabupaten Solok Selatan ini memang masih berupa hutan dengan kontur perbukitan. Tessa dan Anggi perlu menempuh satu jam perjalanan dengan sepeda motor dari tempat tinggal mereka untuk menuju Puncak BRJ ini. Untungnya, akses menuju Puncak BRJ terbilang mudah karena berada di tepi jalan dengan kondisi jalan beraspal. Puncak BRJ juga berada di jalur menuju objek wisata Air Terjun Kembar Solok Selatan serta jalur pendakian Gunung Kerinci via Bangun Rejo. 

Kebutuhan Infrastruktur Pendukung

Senada dengan Tessa dan Anggi, Rini (41) warga Muara Labuh yang datang ke Puncak BRJ dengan sahabat karibnya pun membagikan kekaguman serupa. Ia juga mengutarakan harapannya agar tempat rekreasi serupa bisa lebih banyak. “Sebetulnya ada beberapa tempat lain yang serupa dengan Puncak BRJ, tetapi kami sering ke sini karena aksesnya yang lebih mudah,” ujar Rini. 

Tessa dan Anggi, wisatawan yang tampak menikmati keindahan Puncak Bangun Rejo

Saat berada di Puncak BRJ, kita bisa menikmati suasana nyaman ini melalui beberapa resto yang ada di sana. Beberapa area pun menawarkan instagramable spot sebagai tempat mengabadikan kenangan. Pilihan menu makanan dan minuman pun relatif terjangkau. 

Akan tetapi, masih dibutuhkan beberapa infrastruktur pendukung lain agar Puncak BRJ semakin nyaman bagi pengunjung. “Saya kerap mengajak kawan dan kerabat dari Jakarta ke sini. Inginnya, sih, ada lebih banyak tempat seperti ini di Solok Selatan. Sebaiknya juga disertai fasilitas umum, terutama fasilitas jalan menuju lokasinya, keberadaan toilet umum, dan pilihan pembayaran digital yang cashless,” pungkas Rini.

Kabupaten Solok Selatan sendiri saat ini sedang mengikuti Gerakan Menuju Smart City 2023 yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Gerakan ini diharapkan dapat memunculkan inisiatif cerdas dan inovatif dalam memanfaatkan potensi yang ada di Kabupaten Solok Selatan. Termasuk, menjadikan Puncak BRJ sebagai salah satu bagian dari smart branding Kabupaten Solok Selatan.

Semoga saja, inisiatif yang muncul akan membuat Puncak BRJ semakin dikenal publik dan menjadi kawasan wisata yang nyaman bagi pengunjung.