Find Us On Social Media :

Smart City Kabupaten Garut, Ciptakan Pemerintah yang Transparan

By Wisnu Nugroho, Kamis, 2 November 2023 | 13:45 WIB

Command Center Kabupaten Garut ini menjadi sentral pemantauan kondisi secara real-time

Garut tidak hanya sekadar dodol dan kulit. Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini saat ini juga memiliki beragam inovasi yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup warganya.

Salah satu contoh inovasi tersebut adalah Command Center yang terletak di kompleks Pendopo Bupati Garut. Ruangan dengan luas lebih dari 10x4 meter itu menjadi etalase untuk mendukung pemantauan dan komunikasi di Garut.

Di dalam Command Center tersebut, terdapat layar berukuran 3x3 meter yang digunakan untuk mengawasi arus lalu lintas atau kejadian secara real time di Garut. Total, ada 26 CCTV yang dipasang Pemerintah Kabupaten Garut, termasuk yang menjangkau perbatasan Garut-Tasikmalaya.

“Semua tamu yang saya ajak ke sini pada heran dan kagum. Mereka tidak menyangka kami sudah memiliki ini,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan dengan nada bangga.

Rudy menyebut, Pemerintah Kabupaten Garut akan terus mengoptimalkan inovasi di bidang teknologi agar masyarakat lokal dan pengunjung betah ke Garut. Baginya, penggunaan teknologi informatika sangat dibutuhkan untuk membuat Garut kembali dikenal sebagai Swiss Van Java seperti era kolonial dulu. “Jalan masih panjang, tapi kami yakin inovasi-inovasi ini dibutuhkan untuk membuat Garut maju lagi,” kata dia.

Inovasi Pemkab Garut pun tidak sekadar command center. Seperti diungkap Kepala Bidang Aptika Diskominfo Garut, Herman, inovasi lain yang bisa diakses oleh masyarakat luas adalah dashboard.garutkab.go.id. 

Dalam laman ini, setiap pengunjung akan disajikan berbagai informasi yang dibutuhkan terkait Garut. “Semua tumplek blek, ada info soal jalan, rumah ibadah, sekolah, fasilitas kesehatan dan lainnya,” kata dia. Data yang disajikan pun bersifat dinamis dan diperbaharui sesuai dengan yang disediakan OPD-OPD terkait. Masyarakat bisa langsung mengetahui apa yang sedang terjadi di Kabupaten Garut dengan transparan. “Informasi ini penting untuk masyarakat. Karena kami ingin menunjukkan pemerintahan yang transparan,” tukas Herman.

Kabupaten Garut sendiri saat ini sedang mengikuti Gerakan Menuju Smart City 2023. Melalui program ini, Pemkab Garut mendapat bimbingan dari akademisi dan praktisi dalam menyusun rencana pembangunan berbasis smart city. Rencana itu diharapkan dapat meningkatkan seluruh aspek kehidupan masyarakat seutuhnya, mulai dari Smart Government, Smart Economy, Smart Branding, Smart Society, Smart Living, dan Smart Environment. 

Harapan besarnya, seluruh inisiatif tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan maupun kualitas hidup warga Kabupaten Garut.