Find Us On Social Media :

Saingi ChatGPT, xAI Milik Elon Musk Rilis Model AI Bernama Grok

By Liana Threestayanti, Sabtu, 4 November 2023 | 16:17 WIB

Perusahaan AI besutan Elon Musk, xAI, merilis model dan chatbot AI perdananya yang dinamai Grok, mirip ChatGPT.

Perusahaan artificial intelligence (AI) besutan Elon Musk, xAI, merilis model AI perdananya yang dinamai Grok, mirip ChatGPT

Dalam postingannya di X, Musk menjelaskan bahwa Grok memanfaatkan akses real time ke platform media sosial X (yang sebelumnya bernama Twitter). Seperti ChatGPT, model ini memiliki kemampuan menelusuri internet sehingga pengguna dapat memanfaatkannya untuk mencari informasi terbaru mengenai topik tertentu. 

“Grok memiliki akses real-time ke informasi melalui platform ????, yang merupakan keunggulan besar dibandingkan model lainnya,” tulis Elon Musk dalam postingannya pada tanggal 4 November 2023.

Dalam postingan tersebut, Musk juga memperlihatkan cuplikan chatbot berbasis Grok  yang menunjukkan bahwa Grok adalah model bahasa besar yang mirip dengan GPT milik OpenAI dan PaLM milik Google.

Awalnya xAI akan merilis Grok secara terbatas, kepada kelompok pengguna terpilih. Namun dalam tweet selanjutnya, pemilik Tesla ini mengumumkan Grok bahwa para pelanggan Premium Plan X akan memperoleh akses Grok begitu versi beta model ini dirilis. 

Dikutip dari Tech Crunch, pada bulan September, Co-Founder Oracle Larry Ellison sempat menyatakan bahwa xAI telah menandatangani kontrak untuk melatih model-model AI-nya di cloud milik Oracle. Namun saat itu, xAI sama sekali bungkam mengenai model-model AI yang sedang mereka kerjakan. 

xAI sendiri diluncurkan Elon Musk pada bulan Juli 2023 dengan tujuan membangun AI “yang memahami sifat alam semesta yang sebenarnya. Perusahaan, yang dipimpin oleh Musk dan veteran DeepMind, OpenAI, Google Research, Microsoft Research, Tesla dan University of Toronto, dengan penasihat Dan Hendrycks, Direktur di Center for AI Safety, sebuah organisasi nirlaba penelitian AI; dan berkolaborasi dengan X dan perusahaan lain yang mewakili Elon Musk, termasuk Tesla.

Kembali ke Grok, chatbot AI ini disebut Elon Musk sengaja didesain untuk memiliki sedikit rasa humor dalam jawaban-jawabannya. Bahkan ia berseloroh sambil mengatakan, Grok dikembangkan berdasarkan dan menyukai sarkasme.

Baca juga: Kini Chatbot AI ChatGPT Dapat Merangkum Dokumen dan Bikin Grafik

Baca: Bos ChatGPT: Otomatisasi AI Bakal Bikin Banyak Pengangguran