Find Us On Social Media :

First Media Hadirkan Kampanye #DemiKamu untuk Berikan Aneka Kemudahan

By Cakrawala Gintings, Senin, 6 November 2023 | 17:00 WIB

Santiwati Basuki (Chief Marketing Officer Link Net) menjelaskan mengenai kampanye #DemiKamu yang diluncurkan First Media awal bulan November ini di Jakarta.

Awal tahun 2023 First Media mulai menggelar kampanye “#LebihKencangLebihBebas”. Via kampanye #LebihKencangLebihBebas, First Media menghadirkan kecepatan berinternet sampai lima kali lebih cepat tanpa tambahan biaya kepada pelanggan plus repackaging paket yang ditawarkan. First Media ingin memberikan pengalaman berinternet/berdigital yang lebih menyenangkan bagi pelanggan. Awal bulan November ini di Jakarta, First Media mengumumkan pula kampanye “#DemiKamu” yang merupakan bagian dari kampanye #LebihKencangLebihBebas tersebut. Dengan “#DemiKamu, First Media ingin memberikan kemudahan bagi calon pelanggan maupun pelanggan.

Melalui #DemiKamu, First Media antara lain menghadirkan NADIA (New Account Digital Interactive Assistant) bagi calon pelanggan dan mengedepankan FITA (First Media Support Assistant) — sudah tersedia sejak lama — bagi pelanggan. NADIA memudahkan calon pelanggan perihal berlangganan, sedangkan FITA memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi dan troubleshooting alias pemecahan masalah. NADIA maupun FITA bisa membuat calon pelanggan maupun pelanggan First Media lebih nyaman dan memerlukan waktu yang lebih singkat sehubungan hal-hal yang dimaksud.

“Kami PT Link Net First Media selalu menempatkan pelanggan sebagai yang utama ya, sebagai juga salah satu nilai dari perusahaan kami, yaitu adalah customer first. Pelanggan selalu menjadi tempat yang memang panduan kami. Jadi tentunya itu menjadi satu nilai yang mendarah daging ya ke semua tim dengan First Squad, baik dari semua divisi, bagaimana kita bisa terus-menerus melakukan peningkatan kualitas layanan kami yang tentunya akan memberikan benefit, manfaat langsung kepada seluruh pelanggan First Media. Apa yang kami lakukan, itu dengan hati bagaimana kami bisa memberi yang terbaik demi kamu pelanggan First Media,” jelas Santiwati Basuki (Chief Marketing Officer Link Net) mengenai #DemiKamu.

Tersedia via situs web, NADIA memudahkan calon pelanggan First Media mulai dari mengecek jangkauan First Media akan paket yang hendak dilanggan, memilih paket yang ingin dilanggan, sampai mendapatkan jadwal pemasangan dan mulai berlangganan. First Media mengeklaim proses pendaftaran untuk berlangganan tersebut hanya dalam waktu 5 menit. Lebih cepat dan nyaman — setidaknya bagi sebagian orang — dibandingkan proses pendaftaran konvensional. Namun, First Media memastikan metode pendafataran konvensional tetap tersedia dan akan tetap tersedia.

First Media pun mengatakan NADIA akan terus dikembangkan. Salah satu pengembangan yang akan dilakukan adalah sehubungan ketersediaan NADIA. First Media berencana untuk menghadirkan NADIA dalam bentuk kios interaktif yang akan diletakkan di tempat-tempat umum tertentu seperti di pusat perbelanjaan. Nantinya, dengan adanya kios interaktif bersangkutan, pengunjung pusat perbelanjaan misalnya bisa mengakses NADIA dan mendaftar berlangganan First Media dengan mudah tatkala melewati kios interaktif yang dimaksud.

Sementara, FITA yang hadir sejak beberapa waktu lalu, seperti telah disebutkan, memudahkan pelanggan First Media untuk mendapatkan informasi dan troubleshooting. Pengembangan akan FITA juga terus dilakukan First Media. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi AR (augmented reality). Pelanggan First Media bisa memindai kode QR (quick response) yang terdapat pada STB (set top box) First Media tertentu untuk memulai akses ke FITA dengan teknologi AR-nya. Dari sana, pelanggan bisa mengakses aneka fasilitas FITA seperti untuk berbincang dengan chatbot dan melalukan troubleshooting mandiri dengan melihat video troubleshooting yang disediakan di YouTube. Tentunya bila informasi yang dicari atau troubleshooting mandiri yang dilakukan belum berhasil, pelanggan bisa menghubungi pusat kontak 24/7 yang disediakan First Media.

Sebelumnya, First Media telah melakukan repackaging terhadap paket yang ditawarkan menjadi tiga kategori, yakni Stream, Joy, dan Star. First Media mengeklaim Ketiga paket tersebut menawarkan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil, serta layanan TV kabel dan OTT (over the top) dengan beragam pilihan konten. Paket Stream ditujukan First Media untuk yang menginginkan koneksi internet tanpa batas kuota plus hobi nonton konten streaming OTT, paket Joy untuk yang menginginkan koneksi internet tanpa batas kuota dan TV kabel, serta paket Star untuk yang menginginkan koneksi internet tanpa batas kuota plus TV kabel dan streaming OTT. Meskipun begitu, First Media menyebutkan bahwa terdapat paket-paket lain yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan yang berbeda.

Ke depannya First Media memastikan akan terus mengembangkan layanannya, termasuk perihal jangkauannya di tanah air. Penyedia layanan internet, TV kabel, OTT, dan smart home ini mengeklaim telah memiliki jumlah pelanggan mendekati 750 ribu pada kuartal kedua tahun 2023 dan melewati sekitar 3 juta rumah — rumah yang bisa berlangganan First Media karena jaringannya sudah tersedia di sana. Tahun depan First Media menargetkan tambahan 1 juta rumah yang dilewati. Begitu pula pada tahun 2025 dengan menargetkan tambahan 1 juta rumah lagi. Dengan kata lain, First Media menargetkan 5 juta rumah di Indonesia yang dilewati pada tahun 2025. Jangkauan yang lebih luas tentunya memudahkan yang ingin berlangganan First Media sesuai dengan #DemiKamu.