Find Us On Social Media :

Smart City Kabupaten Bandung Barat, Mengangkat Potensi Wisata

By Wisnu Nugroho, Selasa, 7 November 2023 | 16:32 WIB

Salah satu paviliun di The Great Asia Afrika

Kabupaten Bandung Barat memiliki daya pikat tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain menyajikan kuliner lezat, Kabupaten Bandung Barat juga memiliki kekayaan alam berupa kawasan yang asri dan sejuk. Tak heran bila sumber ekonomi terbesar dari KBB berasal dari wisata dan kulinernya. 

Jika Anda berniat mengunjungi Kabupaten Bandung Barat, ada satu tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Tempat itu adalah The Great Asia Afrika yang berada di Lembang.

The Great Asia Afrika sebenarnya sudah dibangun sejak tahun 2019 di atas lahan seluas lima hektar.  “Namun waktu itu langsung pandemi, jadi sempat sepi dan tutup selama tiga bulan, ungkap Intania Setiati, Direktur PT Perisai Utama (The Great Asia Africa). Pemilihan nama itu sendiri tak lepas dari faktor sejarah Kota Bandung. “Awalnya kami mau namakan Asian Village, tapi diubah menjadi The Great Asia Afrika. Sebab, Bandung adalah lokasi  Konferensi Asia Afrika,” tambah Intania.

Sesuai dengan namanya, The Great Asia Afrika merupakan destinasi wisata yang menghadirkan beragam simbol terkenal dari negeri-negeri di Asia dan Afrika. Simbol berupa bangunan atau objek ikonik ini menjadi pesona tersendiri bagi pengunjung untuk mengabadikan foto-foto yang instagramable. 

Wisata dan Kuliner 

Ketika memasuki kawasan The Great Asia Afrika, Anda akan disuguhi simbol atau ikon berbagai negara dengan latar belakang pemandangan hijau dan asri. “Di sini ada beberapa negara yang memang dekat juga dengan Indonesia, seperti India, Korea Selatan, Jepang, China, Timur Tengah, dan Thailand. Dari masing-masing pavilion terdapat khas-khas negara tersebut,” ujar Intan. Contohnya adalah replika Taj Mahal serta pemandian air panas khas orang Jepang. 

Suasana semakin menyatu karena Anda bisa menyewa kostum sesuai negara bersangkutan. Ada pula kuliner yang menyajikan makanan khas dari tiap negara. Yang menarik, penyedia kuliner ini adalah pengusaha UMKM lokal. “Jadi memang di setiap pavilion itu kami juga mengajak UMKM kuliner untuk jualan di sini. Ada banyak makanan-makanan khas yang bisa juga dicicipi. Misalnya, kalau ke Jepang ada Takoyaki,” ujar Intan. 

Pengunjung bisa menikmati makanan sambil duduk-duduk santai di bangku-bangku yang telah disediakan di setiap pavilion

Wisata Unggulan KBB

Karena menebar pesona yang unik, The Great Asia Afrika menjadi salah satu wisata unggulan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Hal ini diamini Hengky Kurniawan, Bupati Kabupaten Bandung Barat. “Kabupaten Bandung Barat memiliki city branding "The beauty of Priangan" yang menggambarkan ungkapan ‘Tuhan menciptakan Bandung saat tersenyum’,” ungkap Hengky. The Great Asia Afrika juga menjadi simbol keseriusan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat untuk terus mengangkat smart branding daerahnya. Dengan menghadirkan objek wisata yang unik, diharapkan wisatawan lokal dan internasional akan terus mengunjungi kabupaten ini.

The Great Asia Africa berisi simbol dan bangunan khas sebuah negara, termasuk Jepang

Kabupaten Bandung Barat sendiri saat ini sedang mengikuti Gerakan Menuju Smart City 2023 yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Dengan mengikuti gerakan ini, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat mendapat bimbingan dari akademisi dan praktisi dalam menyusun rencana pembangunan berbasis smart city. Rencana yang tersusun ini diharapkan dapat menjawab tantangan sekaligus memaksimalkan potensi dari Kabupaten Bandung Barat.

Dengan berbekal potensi alam ini, Kabupaten Bandung Barat pun bersiap menjadi smart city. Dampaknya bukan saja kepada wisatawan yang berkunjung, namun juga seluruh warga Kabupaten Bandung Barat.