Find Us On Social Media :

Zoom Clips Bantu Pengguna Bekerja dengan Tim dalam Zona Waktu Berbeda

By Adam Rizal, Kamis, 9 November 2023 | 11:30 WIB

Zoom Clips

Hari ini, Zoom Video Communication, Inc. meluncurkan Zoom Clips secara global yang memungkinkan pengguna untuk merekam, mengedit, dan berbagi pesan dengan format video pendek berkualitas tinggi dengan mudah, baik secara internal maupun eksternal. Kemampuan ini akan membantu tim yang tidak berkomunikasi dalam waktu yang bersamaan (asinkron), mengurangi jumlah rapat, dan mengurangi waktu yang terbuang akibat komunikasi yang ambigu.

"Cara kita menggunakan video semakin berkembang. Kolaborasi dan komunikasi tim menjadi jauh lebih penting dari masa sebelumnya, dan pengguna membutuhkan kemampuan untuk berbagi video yang mudah dilihat dan disimpan, baik secara ad-hoc maupun terencana," ungkap John Beckmann, Group Product Manager di Zoom.

"Dengan Zoom Clips, para rekan kerja dalam tim dapat menghemat waktu mereka yang berharga melalui komunikasi yang jelas dari berbagai zona waktu, memiliki pusat penyimpanan dan pengelolaan klip video, dan berinteraksi dengan rekan tim dalam waktu yang tidak bersamaan," ucapnya.

Dengan Zoom Clips, pengguna dapat merekam tampilan pada layar mereka dan merekam video melalui kamera, serta mengatur izin akses melihat video ketika pengguna ingin berbagi dengan pengguna lain secara cepat. Klip video disimpan dalam sistem manajemen konten yang terpusat, sehingga memudahkan pencarian klip video dan meningkatkan keterlibatan para penggunanya. Anggota tim dapat memberikan komentar pada video, dan pembuat video dapat melacak jumlah tayangan video.

"Kemudahan berkomunikasi dan berkolaborasi merupakan prioritas utama dalam produk dan budaya Front," ujar Greg Karp-Neufeld, Director of Corporate IT di Front. 

"Zoom Clips memudahkan kami untuk terhubung satu sama lain dan dengan pelanggan kami, meningkatkan kemampuan kami untuk saling berbagi informasi, dan berkomunikasi dengan lebih jelas, tanpa dibatasi oleh lokasi maupun zona waktu," katanya.

Zoom Clips merupakan salah satu dari rentetan perangkat pendukung Zoom untuk komunikasi yang tidak dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Para pengguna dapat menggunakan Zoom Clips untuk bekerja secara fleksibel beserta perangkat komunikasi lainnya, termasuk fitur-fitur Zoom Team Chat (pesan video, pesan suara, pengingat), Zoom Meetings yang memungkinkan kelanjutan percakapan dari rapat, Zoom Scheduler, Zoom Email dan Zoom Whiteboard.

Selain membantu komunikasi tim yang tidak dilakukan dalam waktu yang bersamaan, para rekan kerja dalam tim juga dapat menggunakan Clips untuk memberikan informasi terbaru dalam rapat harian mengenai kemajuan suatu proyek. Selain itu, pengguna juga dapat memberikan pelatihan yang mudah dipahami, serta meningkatkan kualitas pengalaman orientasi bagi karyawan baru. Para anggota tim dapat berinteraksi melalui Clips dengan memberikan komentar atau reaksi berupa emoji. 

Fitur Zoom Clips meliputi:

Rekaman

Menyunting

Berbagi

Engage

Zoom Clips Plus tidak mengenakan biaya tambahan bagi pelanggan Zoom One berbayar; sementara pengguna Zoom One Basic dan pelanggan non-Zoom One lainnya dapat memiliki akses terhadap Clips Basic. 

Pengguna Clips Basic akan memiliki kemampuan untuk merekam hingga lima klip dengan durasi tiap klip yang tidak lebih dari dua menit. Pengguna Clips Basic dapat membeli Clips Plus sebagai tambahan (add-on) untuk menghilangkan batasan jumlah klip seharga $6,99 per bulan, mulai Desember 2023.

Baca Juga: Wow! Zoom AI Companion Sukses Mencapai Satu Juta Ringkasan Rapat

Baca Juga: Tingkatkan Kinerja Hybrid, Zoom Pamerkan Inovasi AI di Zoomtopia 2023