Find Us On Social Media :

Samsung Galaxy AI Bisa Terjemahkan Panggilan Telepon Secara Langsung

By Adam Rizal, Sabtu, 11 November 2023 | 09:00 WIB

Bocoran desain Samsung Galaxy S24 Ultra Series

Samsung meluncurkan fitur "Galaxy AI" yang memanfaatkan teknologi artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang mampu menerjemahkan panggilan telepon secara langsung. Fitur itu disebut "AI Live Translate Call" dan akan terintegrasi ke dalam aplikasi telepon, menyajikan terjemahan audio dan teks secara real-time selama panggilan. 

Samsung Galaxy AI akan menghadirkan pengalaman bermain seluler komprehensif yang menghadirkan keamanan dan privasi, dengan percakapan pribadi dan terjemahan disimpan hanya di smartphone pengguna. 

"Galaxy AI adalah pengalaman AI seluler yang komprehensif, didukung oleh AI pada perangkat yang dikembangkan di Samsung dan AI berbasis cloud yang dimungkinkan oleh kolaborasi terbuka kami dengan para pemimpin industri yang berpikiran sama," tulis Samsung dalam unggahan blognya seperti dikutip GSM Arena.

Samsung memastikan Galaxy AI akan debut pada awal 2024, bersamaan dengan peluncuran smartphone Galaxy S24, dan bahwa kecerdasan buatan ini akan meningkatkan pengalaman mobile dengan fitur-fitur AI yang inovatif.

“AI Live Translate Call akan segera memberikan penerjemah pribadi kapan pun mereka membutuhkannya kepada pengguna ponsel Galaxy AI terbaru. Karena terintegrasi ke dalam fitur panggilan asli, kerumitan harus menggunakan aplikasi pihak ketiga menjadi hilang,” tulis Samsung.

Lebih lanjut, Samsung juga menjamin keamanan privasi dari penggunaan fitur tersebut. Di mana perusahaan mengklaim percakapan pribadi termasuk terjemahan yang dihasilkan tidak akan tersebar dan hanya akan tersimpan pada smartphone pengguna.

“Karena ini adalah Galaxy AI di perangkat, Anda dapat percaya bahwa apa pun skenarionya, percakapan pribadi tidak akan pernah meninggalkan ponsel Anda,” klaim Samsung

Bocoran Spek

Samsung akan meluncurkan flagship Samsung Galaxy S24 series pada 17 Januari 2024, lebih awal dari tradisi Samsung yang bisa meluncurkan smartphone Galaxy S series setiap bulan Februari. Menurut laporan dari media SBS Biz Korea Selatan, peluncuran Galaxy S24 Series akan dikemas dalam acara Galaxy Unpacked yang kabarnya akan diadakan di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Informasi tentang tanggal peluncuran Galaxy S24 telah menjadi perbincangan sejak sebelumnya, ketika tipster Ice Universe menyebutkan bahwa seri Galaxy S24 akan diperkenalkan pada tanggal 18 Januari 2024. Karena itu, kemungkinan besar Samsung akan menggelar Galaxy Unpacked pada minggu ketiga pada bulan Januari 2024.

Kabar ini semakin diperkuat oleh laporan lain yang menyatakan bahwa mitra-mitra Samsung sudah mulai memproduksi seri Galaxy S24 lebih awal, sekitar sebulan lebih awal dari jadwal biasanya. Samsung biasanya merilis seri Galaxy S terbaru pada akhir bulan Februari dan membuka penjualan perdana pada awal Maret. Jika seri Galaxy S24 benar-benar dirilis pada pertengahan Januari, maka kemungkinan besar ponsel ini akan mulai dijual pada akhir Januari.

Alasan dari percepatan peluncuran Galaxy S24 ini diyakini sebagai upaya untuk bersaing dengan produk Apple, khususnya iPhone 15. Selain itu, diharapkan bahwa penjualan seri Galaxy S24 dapat membantu meningkatkan pendapatan divisi semikonduktor yang sedang mengalami penurunan.

Laporan dari SBS Biz juga menyebutkan bahwa Galaxy S24 series akan memiliki kemampuan AI yang kuat, mirip dengan teknologi AI generatif seperti ChatGPT atau Dall-E. Selain seri Galaxy S24, SBS Biz juga mengungkapkan bocoran tentang peluncuran Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip yang baru pada tahun depan, yang kabarnya akan diadakan di Amerika Serikat. Sebelumnya, Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 diperkenalkan di Seoul, Korea Selatan, menjadi kali pertama Samsung mengumumkan ponsel layar lipatnya di negara asal mereka.

Baca Juga: iQOO 12 Dipastikan Jadi HP Pertama Snapdragon 8 Gen 3 di Indonesia

Baca Juga: Copilot Sukses Mengubah GitHub Jadi Developer Platform Berbasis AI