Find Us On Social Media :

Lepas Ketergantungan dari Sony, Apple Bikin Sensor Kamera ISP Mandiri

By Adam Rizal, Selasa, 14 November 2023 | 13:00 WIB

iPhone 14 Pro Max

Apple sedang merancang Image Signal Processor (ISP) internal untuk meningkatkan kemampuan kamera iPhone, mengingat selama ini iPhone menggunakan sensor kamera Sony untuk menghasilkan gambar yang detail dan tajam. Rencananya, chip khusus itu  akan memasuki produksi massal pada paruh kedua tahun 2026 dan diproduksi oleh TSMC.

Teknologi ISP memiliki peran vital dalam memproses data gambar fotografi dengan memproses data gambar mentah dari sensor kamera menjadi gambar berkualitas tinggi. Chip ISP akan melalukan pemrosesan HDR, penyesuaian exposure, penajaman gambar, demosaicing, pengurangan noise, koreksi white balance, dan koreksi distorsi lensa.

Saat ini Apple menggunakan ISP Sony untuk iPhone, tetapi dengan pengembangan ISP internal, Apple dapat memiliki kendali lebih besar terhadap saluran pencitraan dan mengoptimalkannya secara khusus untuk perangkatnya seperti dikutip Gizmochina.

Apple terkenal dengan pendekatannya yang cermat terhadap perangkat keras. Langkah itu akan menjadi perkembangan yang signifikan dalam teknologi kamera perusahaan. Penting untuk dicatat bahwa informasi ini belum dikonfirmasi resmi oleh Apple, sehingga kemungkinan terdapat perubahan di masa mendatang.

Harga Asli iPhone 15 Pro Max

Apple iPhone 15 Pro Max (Apple)

Distributor resmi Apple di Indonesia akan segera meluncurkan iPhone 15 series di Indonesia dengan harga yang lebih tinggi daripada seri iPhone 14. Peningkatan harga itu disebabkan oleh biaya produksi yang lebih tinggi untuk iPhone 15 dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Menurut laporan terbaru dari Nikkei, biaya komponen (bill of materials/BoM) dari iPhone 15 mengalami kenaikan sekitar 8-16 persen dibandingkan dengan iPhone 14. Salah satu varian paling mahal dalam seri iPhone 15 adalah iPhone 15 Pro Max memiliki biaya komponen sebesar USD 558 atau sekitar Rp8,7 jutaan atau 12 persen lebih tinggi daripada iPhone 14 Pro Max.

Menurut penjelasan dari Nikkei, biaya komponen yang paling signifikan adalah kamera periskop 5x yang digunakan dalam iPhone 15 Pro Max, yang biayanya 380% lebih mahal dibandingkan kamera telephoto 3x pada iPhone 14 Pro Max. Selain itu, penggunaan rangka titanium dalam iPhone 15 juga menambah biaya, sekitar 43% lebih mahal daripada bahan stainless steel yang digunakan dalam generasi sebelumnya.

Chip A17 Pro yang digunakan dalam iPhone 15 Pro Max memiliki harga sekitar USD 130, naik 27 persen dibandingkan dengan chip A16 Bionic yang digunakan dalam iPhone 14 Pro series. Panel LTPO OLED juga menjadi salah satu komponen dengan harga paling tinggi. Untuk varian lainnya, biaya komponen iPhone 15 Pro sekitar USD 523 (Rp 8,2 jutaan), menunjukkan peningkatan sebesar 8% dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Sementara iPhone 15 Plus memiliki biaya komponen sekitar USD 442 (Rp 6,9 jutaan), atau 10% lebih tinggi daripada iPhone 14 Plus. Perlu diperhatikan bahwa biaya komponen (BoM) hanya mencakup biaya bahan dan produksi, dan belum termasuk biaya riset, pengembangan, distribusi, logistik, pemasaran, dan lain-lain. Penting juga untuk dicatat bahwa harga iPhone 15 series di pasar seperti Amerika Serikat tidak mengalami kenaikan seperti yang terjadi di Indonesia.

Harga Lengkap iPhone 15 Series

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga. Apple akan segera meluncurkan iPhone 15 series di Indonesia. iPhone 15 series yang akan hadir di Indonesia terdiri dari iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Anda bisa memesan iPhone 15 series mulai 20 Oktober 2023 pada pukul 00.01 WIB dan bakal bisa didapatkan atau dibeli langsung pada 27 Oktober 2023. Informasi ini dirilis dua distributor resmi Apple iBox dan Digimap, via akun Instagram @iboxindonesia dan @digimap_id.

Berikut adalah daftar lengkap harga iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max di Indonesia, sebagaimana dirangkum laman web Digimap Indonesia dan iBox.

Harga iPhone 15 Pro - iBox & Digimap

iPhone 15 Pro 128 GB: Rp 21 juta

iPhone 15 Pro 256 GB: Rp 24 juta

iPhone 15 Pro 512 GB: Rp 28 juta

iPhone 15 Pro 1 TB: Rp 32 juta

Harga iPhone 15 Pro Max - iBox & Digimap

iPhone 15 Pro Max - 256 GB: Rp 25 juta

iPhone 15 Pro Max - 512 GB: Rp 30 juta

iPhone 15 Pro Max - 1 TB: Rp 34 juta

Sama seperti versi global, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max juga menghadirkan empat opsi warna. Keempatnya adalah Natural Titanium, White Titanium, Black Titanium, dan Blue Titanium.

Baca Juga: Apple Anggarkan Rp15 Triliun Kembangkan Teknologi AI di iPhone

Baca Juga: iPhone 15 Series Resmi Masuk Indonesia, Ini Daftar Harganya

.