Find Us On Social Media :

Inovasi Lazada Bantu Perkuat Bisnis Para UMKM di Ranah Digital

By Rafki Fachrizal, Selasa, 14 November 2023 | 10:35 WIB

Stefan Winata, Head of Seller Development and Sales Operations Lazada Indonesia.

Pasar e-commerce Indonesia pada tahun 2023 diproyeksikan menyumbang 45 persen nilai penjualan bruto (GMV) di wilayah Asia Tenggara, dengan angka US$62 miliar atau sekitar Rp973 triliun.

Industri e-commerce Indonesia sendiri menyumbang sekitar 74 persen dari total GMV ekonomi digital Indonesia yang diperkirakan mencapai angka US$82 miliar atau sekitar Rp1.287 triliun pada 2023.

Data ini menunjukkan peluang sektor e-commerce Indonesia yang berpotensi besar dan dapat dimanfaatkan oleh UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) sebagai bagian penting dari strategi pengembangan bisnis mereka.

Untuk mendorong UMKM ke ranah digital, platform e-commerce Lazada terus menghadirkan berbagai inovasi melalui program dan fitur baru.

Stefan Winata, Head of Seller Development and Sales Operations Lazada Indonesia, mengatakan, “Lazada berusaha memberikan sumber daya terbaik yang diperlukan bagi UMKM di Indonesia.”

“Kami terus menyediakan beragam solusi dan layanan yang holistik untuk membantu penjual lokal tumbuh dan berkembang dalam ekosistem ekonomi digital serta merancang berbagai program unggulan untuk memastikan mereka dapat menggapai sukses di platform Lazada,” jelas Stefan.

Di Lazada sendiri, gratis ongkos kirim (ongkir) masih menjadi bentuk program promosi yang paling diminati.

“Bahkan data tahun 2023 memperlihatkan bagaimana penjualan dari penjual yang menggunakan fitur gratis ongkir meningkat 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, menunjukkan bagaimana penggunaan fitur gratis ongkir bagi penjual bisa menarik penjualan," papar Stefan.

Lazada juga memiliki beragam inovasi berbasis teknologi mulai dari kanal livestreaming LazLive, berbagai bentuk permainan game menarik, fitur Augmented Reality (AR) Beauty, hingga fitur chatbot e-ommerce berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence - AI) LazzieChat dan asisten virtual LISA.

“Agar penjual lokal bisa segera memanfaatkan seluruh inovasi berbasis teknologi tersebut, Lazada juga memberikan berbagai insentif tambahan untuk penjual yang baru bergabung di Lazada seperti bebas biaya komisi, termasuk komisi penjualan livestreaming, untuk tiga bulan pertama, dan gratis biaya promosi ongkir untuk dua bulan pertama dengan tujuan memberikan penjual kemudahan dan kesempatan untuk berkembang di platform Lazada,” ujar Stefan.

Lazada Indonesia juga telah menjadi mitra resmi belanja online dalam Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2023 yang merupakan manifestasi dari komitmen Lazada sebagai salah satu pelopor Harbolnas, untuk mendukung penjualan produk-produk lokal Indonesia dalam perayaan belanja online terbesar akhir tahun ini.

“Kami sudah siapkan berbagai promosi dan dukungan khusus kepada jenama dan penjual UMKM yang berpartisipasi dalam festival belanja online akhir tahun 11.11 dan 12.12 (Harbolnas), agar jenama dan penjual lokal UMKM dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar serta meningkatkan penjualan mereka,” ucap Stefan.

“Jadi, kami mengundang seluruh penjual di Lazada untuk memanfaatkan berbagai fitur yang telah kami sediakan agar bisa sukses dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi digital Indonesia,” pungkas Stefan.

Baca Juga: Inecosolar Bakal Bangun Panel Surya di Fasilitas Logistik Lazada

Baca Juga: Cocok Buat UMKM, Ini Delapan Keuntungan Jualan Online di Lazada