Find Us On Social Media :

Airbnb Akuisisi Startup GamePlanner.AI Demi Kembangkan Inovasi AI

By Rafki Fachrizal, Rabu, 15 November 2023 | 16:15 WIB

Ilustrasi Airbnb.

Perusahaan pengembang platform marketplace untuk menyewa dan menyewakan properti, Airbnb, dikabarkan telah mengakusisi startup (perusahaan rintisan) AI bernama GamePlannerAI.

Startup yang memiliki tim sebanyak 12 orang tersebut diakusisi Airbnb dengan nilai yang tidak diungkapkan.

Akuisisi itu dilakukan di tengah pesatnya adopsi AI (artificial intelligence) yang telah menghebohkan dunia teknologi dan mendorong banyak perusahaan untuk menjajaki penggunaannya.

GamePlanner.AI didirikan oleh Adam Cheyer, yang juga merupakan salah satu pencipta voice assistant besutan Apple, yakni Siri.

Setelah proses akuisisi ini, startup GamePlannerAI akan menambah inovasi teknologi AI di Airbnb yang sudah ada, yang meliputi LLMs (large language Models), computer vision, dan machine learning.

"AI akan dengan cepat mengubah dunia kita lebih dari teknologi lainnya dalam hidup kita," kata CEO Airbnb, Brian Chesky, dikutip dari Reuters.

Berdasarkan laporan CNBC, mengutip sumber yang mengetahui soal ini, melaporkan bahwa kesepakatan akusisi tersebut bernilai kurang dari $200 juta.

Pihak Airbnb sendiri menolak untuk membagikan rincian tambahan mengenai kesepakatan akusisi tersebut.

Di sisi lain, perusahaan-perusahaan travel seperti Booking.com dan Expedia juga dikabarkan tengah melakukan upaya untuk mengintegrasikan teknologi AI ke dalam platform mereka yang sudah ada.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan ketika melakukan pemesanan, membantu pelanggan membuat rencana perjalanan, dan memberikan saran yang lebih sesuai ke setiap pelanggan.

Baca Juga: Bos Traveloka Ditunjuk Jadi Board Member di Endeavor Indonesia

Baca Juga: Airbnb Gunakan AI untuk Cegah Properti Rusak Gara-gara House Party