Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Menyembunyikan Taskbar di Windows 11?

By Rafki Fachrizal, Kamis, 16 November 2023 | 17:15 WIB

Ilustrasi Taskbar di Windows 11.

Windows 11 menawarkan pengguna kemampuan untuk menyesuaikan pengalaman desktop mereka dengan lebih baik, salah satunya adalah dengan menyembunyikan taskbar.

Taskbar yang biasanya menempati sebagian kecil layar dapat disembunyikan untuk memberikan ruang lebih pada layar dan menciptakan tampilan yang lebih bersih saat tidak digunakan.

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah menyembunyikan taskbar di Windows 11. Silakan disimak!

  1. Klik Kanan pada Taskbar

Klik kanan pada area kosong di taskbar (di mana tidak ada ikon atau aplikasi yang terbuka).

  1. Pilih "Taskbar Settings"

Dalam menu yang muncul, pilih opsi "Taskbar Settings". Ini akan membuka pengaturan khusus untuk taskbar.

  1. Temukan dan Atur Pengaturan Taskbar

Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Taskbar behaviors". Di sini, Anda akan melihat opsi "Automatically hide the taskbar". Aktifkan opsi ini dengan mengeklik centang.

  1. Periksa Pengaturan Tambahan

Pastikan juga untuk memeriksa opsi lain yang mungkin Anda inginkan, seperti "Show taskbar on all displays" jika Anda menggunakan lebih dari satu layar.

  1. Periksa Hasilnya

Setelah Anda mengaktifkan opsi "Automatically hide the taskbar", taskbar akan menyembunyikan diri ketika tidak digunakan. Tarik kursor ke bawah area taskbar untuk memastikan taskbar muncul kembali saat Anda butuhkan.

Sebagai catatan, jika setelah melakukan langkah-langkah di atas taskbar masih juga terlihat, cobalah Anda lakukan restart.

Oh ya, jika Anda ingin kembali menampilkan taskbar secara terus-menerus (seperti pengaturan awal), masuk ke pengaturan (seperti langkah di atas) dan kemudian hapus centang pada “Automatically hide the taskbar”.

Baca Juga: Resmi Meluncur, Pembaruan Windows 11 Hadirkan Fitur AI Generatif

Baca Juga: Sepi Peminat, Ini Penyebab Pengguna Windows 11 Hanya 400 Juta