Find Us On Social Media :

Microsoft Luncurkan Chip AI Maia, Bakal Terintegrasi Layanan Azure

By Adam Rizal, Jumat, 17 November 2023 | 13:00 WIB

AI chip artificial intelligence, future technology innovation

Microsoft mengumumkan chip komputasi  Maia yang mampu meningkatkan kinerja artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Nantinya, Microsoft akan  mengintegrasikan chip AI Maia ke dalam layanan langganan dan platform komputasi awan Azure. 

Chip AI Maia mampu mempercepat tugas komputasi AI dan menjadi dasar untuk layanan "Copilot" senilai 30 dollar AS atau Rp468 ribu per bulan untuk pengguna perangkat lunak bisnis, serta bagi pengembang yang ingin membuat layanan kecerdasan buatan kustom.

Chip Maia mampu menjalankan model bahasa besar dan merupakan hasil kolaborasi dengan OpenAI, pembuat ChatGPT. Microsoft dan perusahaan teknologi raksasa lainnya seperti Alphabet sedang mencari solusi dari mahalnya biaya pengembangan dan kerja layanan artificiaI intelligence (AI). Jika dibandingkan, biaya operasional AI itu 10 kali lebih besar daripada layanan tradisional seperti mesin pencari.

"Kami berpikir ini adalah solusi terbaik kepada pelanggan kami yang ingin kinerja cepat, lebih rendah biayanya, dan lebih berkualitas," kata Wakil Presiden Eksekutif Kelompok Cloud dan AI Microsoft, Scott Guthrie seperti dikutip Reuters.

Dia mengatakan chip Maia memungkinkan Microsoft menjual layanan AI di cloud sampai komputer pribadi dan ponsel cukup kuat untuk menanganinya. "Microsoft memiliki peluang inti yang sangat berbeda di sini karena mereka menghasilkan banyak uang per pengguna untuk layanan tersebut," kata Bajarin.

Chip Cobalt

Microsoft juga memperkenalkan chip lain, Cobalt, sebagai CPU untuk menghemat biaya internal dan bersaing dengan Amazon Web Services (AWS). Hebatnya, Maia dan Cobalt dibuat dengan teknologi manufaktur 5 nanometer. Microsoft fokus pada standarisasi untuk meningkatkan daya saing.

Cobalt adalah unit pemrosesan pusat (CPU) yang dibuat dengan teknologi dari Arm Holdings. Microsoft telah menguji Cobalt untuk menggerakkan Teams, alat pesan bisnis mereka. Namun, Guthrie dari Microsoft mengatakan perusahaannya juga ingin menjual akses langsung ke Cobalt untuk bersaing dengan seri chip internal "Graviton" yang ditawarkan oleh Amazon Web Services (AWS).

"Kami merancang solusi Cobalt kami untuk memastikan bahwa kami sangat kompetitif baik dari segi kinerja maupun harga kinerja (dibandingkan dengan chip Amazon)," kata Guthrie.

Microsoft memberikan sedikit detail teknis Cobalt yang mampu melakukan pengukuran daya saing chip tersebut dibandingkan dengan chip pembuat tradisional.

Wakil Presiden Korporat Sistem Perangkat Keras dan Infrastruktur Azure, Rani Borkar mengatakan chip Maia akan dihubungkan dengan kabel jaringan Ethernet standar, bukan teknologi jaringan Nvidia kustom yang lebih mahal yang digunakan Microsoft dalam superkomputer yang dibangun untuk OpenAI.

"Anda akan melihat kami lebih banyak mengikuti jalur standarisasi," kata Borkar.

Baca Juga: Cambridge Dictionary Tetapkan Kata 'Hallucinate' Soroti Peran AI

Baca Juga: Google Kembangkan Program Prakiraan Cuaca Berbasis AI, Lebih Akurat!