Find Us On Social Media :

Lima Tips Memaksimalkan Konten Live Streaming di SnackVideo, Apa Saja?

By Rafki Fachrizal, Jumat, 17 November 2023 | 19:15 WIB

Ilustrasi Aplikasi SnackVideo.

Teknologi terus mengalami perkembangan dan telah mendorong berbagai kegiatan usaha untuk beradaptasi menggunakan teknologi untuk mendorong bisnisnya.

Saat ini, tidak sedikit pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia yang sudah memanfaatkan teknologi seperti media sosial sebagai saluran promosi dan meningkatkan brand awareness.

Berbagai konten promosi dibuat semenarik mungkin agar mampu menarik perhatian dan kesadaran konsumen terhadap produk, sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan yang maksimal.

Satu dari banyaknya platform media sosial yang saat ini tengah gencar dimanfaatkan oleh pelaku UMKM adalah platform video pendek.

SnackVideo sebagai salah satu platform media sosial video pendek, ikut memberi dukungan kepada para pelaku UMKM dalam penggunaan konten video pendek untuk mengoptimalkan promosi bisnis mereka.

Konten video pendek yang menarik dan kreatif dapat dijadikan sebagai alat promosi yang ditujukan untuk meningkatkan awareness (kesadaran) konsumen terhadap produk yang ditawarkan, terutama di media sosial.

Video pendek yang kreatif juga dapat menjangkau lebih banyak orang dan berujung pada peningkatan penjualan produk maupun jasa.

Dina Bhirawa, selaku Head of Marketing SnackVideo Indonesia, menyatakan, “SnackVideo merupakan platform video pendek yang dinamis dan mudah digunakan oleh masyarakat. Saat ini, pengguna aktif SnackVideo telah mencapai 43 juta di seluruh Indonesia.”

“Jika UMKM dapat memanfaatkannya dengan tepat melalui konten-konten yang informatif dan menarik mengenai produknya, maka promosi melalui video pendek di SnackVideo akan menjadi semakin efektif. Terutama dalam menarik perhatian dan menumbuhkan curiosity konsumen terhadap produk maupun jasa. Karena itu, kami mendukung para UMKM di Indonesia untuk terus aktif dan bersemangat dalam mengembangkan kreativitas dan membuat konten video pendek yang menarik, sehingga bisa trending dan ditonton oleh banyak orang,” tegasnya.

Salah satu strategi berwirausaha yang saat ini sedang tren melalui platform video pendek dan banyak dilakukan oleh pelaku UMKM adalah live streaming.

Tak hanya untuk meningkatkan kunjungan konsumen secara online, fitur live streaming ini juga dapat digunakan oleh para pelaku bisnis untuk membangun komunikasi dengan konsumen dan konsumen potensial melalui fitur live chat-nya.

“Live streaming merupakan salah satu fitur yang tersedia di SnackVideo yang dapat digunakan oleh UMKM untuk memperkenalkan produk dan membangun komunikasi dengan para konsumen, bahkan untuk mendorong terjadinya penjualan. Sama seperti video pendek, live streaming juga membutuhkan konsep yang kreatif dan persiapan yang matang agar dapat memberi hasil yang diharapkan. Untuk itu, SnackVideo ingin memberikan beberapa panduan kepada para content creator dan host mengenai persiapan yang baik untuk melakukan live streaming serta berbagai tips agar live streaming bisa berlangsung menarik dan diikuti banyak pengguna SnackVideo,” jelas Dina.

Saat mempersiapkan live streaming di SnackVideo, maka UMKM harus memperhatikan hal-hal berikut:

Baca Juga: Pertumbuhan Penjualan di Kanal Livestreaming Lazada Naik 200%

Baca Juga: Bagaimana Cara Mudah dan Syarat Membuat Live Streaming di YouTube?