Find Us On Social Media :

OpenAI Hentikan Sementara Pendaftaran Pengguna ChatGPT Plus

By Adam Rizal, Sabtu, 18 November 2023 | 13:00 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

OpenAI menghentikan pendaftaran pelanggan baru untuk chatbot artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ChatGPT Plus versi berbayar. Fitur premium ChatGPT Plus, seperti akses prioritas pada jam sibuk, tidak lagi tersedia untuk pendaftar baru karena lonjakan permintaan yang signifikan setelah konferensi pengembang OpenAI pekan lalu. 

CEO OpenAI, Sam Altman, mengumumkan penutupan sementara ini melalui akun Twitter pribadinya (@sama), menjelaskan bahwa kenaikan penggunaan setelah acara tersebut telah melampaui kapasitas, yang dapat mempengaruhi kualitas pengalaman pengguna. 

"Lonjakan penggunaan pasca DevDay melampaui kapasitas kami dan kami ingin memastikan semua orang mendapatkan pengalaman yang luar biasa," ujar Altman di X lewat akun berhandle @sama.

Altman memberi jaminan bahwa pendaftaran ChatGPT Plus akan dibuka kembali, meskipun tanpa informasi rinci tentang kapan pembukaannya. Pengguna yang berminat dapat tetap mendaftar dan menerima notifikasi saat pendaftaran ChatGPT Plus dibuka kembali.

Kelihatannya, OpenAI menghadapi tantangan mengelola produk-produknya setelah konferensi pengembang, termasuk kejadian penurunan layanan pada OpenAI API dan ChatGPT.

Pengguna yang ingin mendaftar juga tetap bisa memilih opsi "daftar" di situs ChatGPT, sehingga mendapat notifikasi ketika pendaftaran ChatGPT Plus resmi dibuka lagi. OpenAI belakangan memang tampak kewalahan menangani aneka produknya, utamanya setelah DevDay digelar 6 November lalu. 

Baca Juga: Fitur AI ini Bantu Anda Bikin Lagu dengan Mudah di YouTube

 Baca Juga: Meta Kenalan Dua Fitur AI Terbaru untuk Edit Video dan Gambar