Find Us On Social Media :

Chipset Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3 Resmi Meluncur, Terintegrasi AI

By Adam Rizal, Sabtu, 18 November 2023 | 15:00 WIB

Snapdragon 7 Gen 3

Qualcomm meluncurkan chipset mobile terbarunya Snapdragon 7 Gen 3 yang menyasar pasar HP kelas menengah sekaligus menggantikan Snapdragon 7 Gen 2. Chipset itu dirancang untuk memberikan kemajuan menyeluruh dalam memicu aplikasi artificiaI intelligence (AI) generatif, meningkatkan kecepatan CPU hingga 2,63 GHz, menawarkan peningkatan kinerja GPU sebesar 50%, dan memberikan efisiensi daya yang luar biasa untuk mengurangi beban baterai seperti dikutip Engadget.

Qualcomm menekankan Snapdragon 7 Gen 3 juga akan membuka potensi kamera yang luar biasa dan meningkatkan integrasi 5G. Kemitraan dengan produsen ponsel seperti Honor dan Vivo diumumkan, dengan pengumuman lebih lanjut tentang ponsel pertama yang menggunakan Snapdragon 7 Gen 3 dijadwalkan pada akhir bulan ini.

Spesifikasi Snapdragon S7 Gen 1

Qualcomm resmi meluncurkan chipset audio terbarunya Snapdragon S7 Gen 1 Series dalam acara Snapdragon Summit 2023 bersamaan dengan peluncuran flagship SoC terbarunya Snapdragon 8 Gen 3.

Keluarga Snapdragon S7 Gen 1 terdiri dari dua model yaitu Snapdragon S7 Gen 1 dan S7 Pro Gen 1. Snapdragon S7 Gen 1 Series dirancang khusus untuk perangkat audio seperti headphone, earbuds, dan bluetooth speaker.

Snapdragon S7 Gen 1 Series menawarkan peningkatan signifikan dalam berbagai aspek, mulai dari meningkatkan kualitas audio dan konektivitas, hingga kemampuan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dan efisiensi daya.

Salah satu peningkatan yang paling mencolok adalah peningkatan tiga kali lipat dalam kapasitas memori. Selain itu, performa Digital Signal Processor (DSP) mencapai 1,5GHz, yang menghasilkan peningkatan sebesar 50 persem dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu Snapdragon S5 Gen 2.

Kedua chipset dalam seri Snapdragon S7 Gen 1 memiliki inti AI untuk menjalankan aplikasi machine learning dan menghasilkan performa yang lebih tinggi dan konsumsi daya yang lebih efisien dibandingkan dengan penggunaan DSP.

Dalam hal performa AI, Snapdragon S7 Gen 1 memiliki peningkatan lebih dari 100 kali lipat dalam kecerdasan buatan (AI) dibandingkan dengan pendahulunya, Qualcomm S5 Gen 2 Sound Platform. Selain itu, chipset ini memiliki inti khusus untuk pengolahan audio, termasuk fitur seperti Hearing Loss Compensation, Active Noise Cancellation (ANC), transparansi, dan manajemen noise.

Snapdragon S7 Gen 1 Series juga mendukung beragam fitur audio, termasuk Codec HiFi stereo Hi-Fi dan Adaptive Active Noise Cancellation generasi keempat dengan 112 filter biQuad dan latensi DSP yang rendah. Hal ini akan menghadirkan pengalaman audio yang lebih responsif dan personal.

Dalam hal konektivitas, chipset ini mendukung Bluetooth 5.4 radio dan pengalaman Bluetooth LE Audio, termasuk fitur Auracast Broadcast Audio, yan memungkinkan audio berkualitas tinggi dan konektivitas yang lebih baik. Snapdragon S7 Gen 1 Series juga mendukung fitur USB High Speed PHY dengan kecepatan hingga 480 Mbps, yang dapat dimanfaatkan untuk konektivitas audio berkualitas tinggi.

Selain itu, chipset ini juga dilengkapi dengan fitur Qualcomm USB-EUD untuk dukungan debug tingkat rendah yang non-invasif. Sementara itu, Snapdragon S7 Pro Gen 1 memiliki beberapa keunggulan, terutama dalam hal konektivitas. Chipset ini mendukung konektivitas Wi-Fi berdaya mikro, yang memungkinkan penggunaan daya yang lebih efisien.

Selain itu, chipset ini memiliki cakupan yang luas untuk seluruh rumah dan bangunan, dengan teknologi Qualcomm XPAN yang menawarkan konektivitas yang lebih kuat dan stabil. S7 Pro Gen 1 juga memungkinkan transisi mulus dari Bluetooth ke Wi-Fi, yang memberikan pengalaman pengguna yang lebih lancar dan nyaman. Dengan kecepatan data hingga 29 Mbps, chipset ini mendukung Snapdragon Sound dan memungkinkan streaming musik hingga 24-bit 192 kHz melalui Wi-Fi tanpa kehilangan kualitas.

Baca Juga: OpenAI Hentikan Sementara Pendaftaran Pengguna ChatGPT Plus

Baca Juga: Fitur AI ini Bantu Anda Bikin Lagu dengan Mudah di YouTube