Find Us On Social Media :

Anak Usaha CTI Group & New Relic Sediakan Solusi untuk Optimalkan Sistem Digital

By Liana Threestayanti, Sabtu, 18 November 2023 | 17:45 WIB

Mendorong transformasi digital di Indonesia, PT Jedi Global Teknologi (Jedi Solutions) mengumumkan kemitraannya dengan perusahaan teknologi global New Relic, menawarkan solusi observability.

Lingkungan TI di perusahaan saat ini semakin kompleks. Sementara saat terjadi masalah dalam operasionalnya, perusahaan dituntut untuk bisa segera menemukan solusinya. Hal inilah yang menjadi alasan Jedi Solutions yang merupakan anak perusahaan CTI Group untuk menggandeng penyedia platform observability, atau dikenal juga dengan istilah software full stack monitoring, New Relic. 

Kemampuan observasi memungkinkan perusahaan secara proaktif menganalisis dan mengoptimalkan sistem mereka berdasarkan data yang dihasilkan. Platform observability all-in-one New Relic menyediakan cara terpusat untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan memvisualisasikan log, metrik, serta pelacakan sehingga  perusahaan dapat terhubung ke semua data operasional dalam sistem mereka secara real time. 

Singkatnya, New Relic membantu perusahaan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang  perilaku sistem, mulai dari aplikasi hingga infrastruktur, jaringan dan keamanan agar  perusahaan dapat mengindentifikasi apa yang dibutuhkan dalam meningkatkan kinerja.  

Langkah Jedi Solutions dan New Relic ini pun selaras dengan temuan dalam New Relic 2023 Observability Forecast. Menurut laporan ini, hampir setengah (45 persen) responden di ASEAN mengalami gangguan yang berdampak besar pada bisnis setidaknya sekali dalam seminggu. Gangguan ini, menurut data yang sama, adalah setara dengan kerugian sebesar US$22,37 juta untuk Indonesia, atau tertinggi kedua dari semua negara yang disurvei. Di tempat pertama adalah India.  

Survei yang sama juga menemukan bahwa konsolidasi tool, yaitu menggabungkan berbagai alat/tool atau perangkat lunak ke dalam satu platform yang terintegrasi, menjadi prioritas utama  bagi perusahaan di ASEAN. Sebanyak 48% perusahaan di kawasan ini yang disurvei menyatakan bahwa mereka berencana melakukan konsolidasi tool tahun depan untuk mendapatkan nilai maksimal dari pengeluaran observabilitas mereka. Selain itu, lebih dari separuh responden di ASEAN (57%) menggunakan lima atau lebih alat untuk observabilitas, dan hanya 3% menggunakan satu alat.  

Untuk membantu perusahaan mengatasi tantangan tersebut, Jedi Solutions menggandeng New Relic untuk menyediakan solusi observability end-to-end. Platform New Relic dapat membantu mendeteksi dan menyelesaikan masalah sebelum berdampak  pada pelanggan, meningkatkan kinerja, keandalan, dan keamanan sistem dan aplikasi sehingga diperoleh sistem digital yang lebih optimal.

Sedangkan tim Jedi Solutions akan membantu di sisi layanan proses implementasi, optimalisasi kinerja, dan melakukan  analisis mendalam terhadap jaringan dan sistem bisnis dari tim Jedi Solutions.  

“Banyak organisasi masih menggunakan lebih dari satu alat untuk observability, mempelajari  tentang gangguan melalui lebih dari satu alat pemantauan, dan memiliki lebih banyak data telemetri yang terpisah-pisah. Kami melihat solusi observability full-stack dari New Relic  membantu pelanggan kami untuk mengatasi masalah ini dengan menyediakan satu platform  untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memahami data dari seluruh tumpukan teknologi  mereka. Ini menjadi bagian dari komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang penuh  kepada para pelanggan kami,” ujar Elsa Mayasari, CEO Jedi Solutions.  

“Kami senang dapat berkolaborasi dengan Jedi Solutions untuk membantu perusahaan di  Indonesia mengatasi fragmentasi dan meningkatkan pengalaman pelanggan digital mereka. Jedi Solutions telah membantu berbagai perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui layanan MSP mereka. Hal inilah yang membuat kami yakin bahwa bersama-sama, kami dapat melayani lebih banyak pelanggan di Indonesia dan membantu mereka untuk mencapai kesuksesan bisnis,” ungkap Stewart Cochrane, Senior Director, Alliances & Channels APJ New Relic. 

Baca juga: ETHICA Gandeng IBM dan SAP untuk Percepat Transformasi Digital

Baca juga: Sinar Mas Land Pakai AI Dorong Transformasi Digital di Sektor Properti