Find Us On Social Media :

Bukan iPhone 15, Mate 60 dan Xiaomi 14 Jadi HP Terlaris di China

By Adam Rizal, Minggu, 19 November 2023 | 15:30 WIB

Xiaomi 14

Pasar ponsel pintar global yang sedang lesu menunjukkan tanda-tanda pulih berkat peluncuran model baru dari perusahaan besar seperti Huawei dan Xiaomi. Penelitian Zheshang Securities menunjukkan pasar mengatasi fase penyesuaian, sementara Southwest Securities mencatat penurunan substansial tingkat persediaan dalam enam kuartal terakhir di produsen ponsel pintar dan perusahaan komponen besar. 

Huatai Securities memprediksi kenaikan di sektor-sektor tertentu seperti panel, komponen pasif, penyimpanan, modul tertentu, dan chip mobile pada kuartal ketiga. Meskipun Canalys mencatat penurunan volume pengiriman ponsel pintar Tiongkok sebesar 5% YoY pada kuartal ketiga 2023, indikasi meredanya penurunan menunjukkan pemulihan pasar secara bertahap.

Seri Huawei Mate 60 dan Xiaomi 14 memainkan peran penting dalam mengubah arah pasar ponsel pintar China. Huawei Mate 60 yang harus menghadapi pembatasan teknologi AS dan bersaing langsung dengan iPhone 15 mencapai peningkatan penjualan 83 persen pada Oktober. Sedangkan, iPhone 15 hanya tumbuh 11 persen seperti dikutip Gizmochina.

Permintaan iPhone yang menurun di China membuka peluang bagi merek lokal seperti Xiaomi, yang mengalami pemulihan luar biasa dengan peningkatan valuasi pasar $20 miliar dan pertumbuhan 60% pada saham, memimpin Indeks Hang Seng Tech.

Keberhasilan Xiaomi bukan hanya di pasar saham. Namun, seri 14 mendapat sambutan positif, mengumpulkan lebih dari satu juta pesanan sejak diumumkan pada Oktober. Potensi pertumbuhan Xiaomi meluas ke sektor AIoT dan kendaraan listrik, didukung oleh data Counterpoint Research yang menunjukkan peningkatan pengiriman di pasar utama pada kuartal ketiga 2023.

Secara keseluruhan, pemulihan pasar ponsel pintar mulai terlihat, didorong oleh peluncuran produk baru dan strategi yang disesuaikan. Namun, agar pemulihan berkelanjutan, inovasi, peningkatan kualitas produk, dan manajemen rantai pasokan perlu tetap menjadi fokus perusahaan di industri ini.

Baca Juga: Sulit Beli Chip AI Nvidia, Tencent Bakal Lirik Chip AI Buatan China

 Baca Juga: Chipset Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3 Resmi Meluncur, Terintegrasi AI