Find Us On Social Media :

Dipecat OpenAI ChatGPT, Sam Altman Bakal Dirikan Startup AI Baru

By Adam Rizal, Senin, 20 November 2023 | 10:00 WIB

Sam Altman, president and co-founder of Y Combinator, stands for a photograph after a Bloomberg West Television interview in San Francisco, California, U.S., on Tuesday, Feb. 25, 2014. Y Combinator provides investment services, financial assistance, analysis, and advice to startup companies. Photogr

Sam Altman (Mantan CEO OpenAI) sedang mengerjakan proyek artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan baru usai dipecat dari jabatan bergengsinya sebagai CEO OpenAI. Nantinya, startup terbaru milik Sam Altman itu akan membawa mantan petinggi dan staf OpenAI yang mengundurkan diri seperti mantan Presiden OpenAI, Greg Brockman dan beberapa peneliti OpenAI lainnya seperti Szymon Sidor. 

Saat ini Altman dan Mantan Kepala Desain Apple Jony Ive sedang membahas pembuatan perangkat keras AI dengan melibatkan CEO SoftBank, Masayoshi Son seperti dikutip Reuters. 

Kerja Tak Becus

OpenAI resmi memecat pendiri dan CEO Sam Altman dan menggantikannya dengan Chief Technology Officer (CTO) OpenAI Mira Murati untuk sementara waktu. Melalui postingan blog, OpenAI menyatakan niatnya untuk mencari pengganti permanen untuk Altman. Alasan pemecatan tersebut disampaikan sebagai hasil peninjauan oleh dewan direksi, yang menyimpulkan bahwa Altman tidak becus dalam berkomunikasi dengan mereka, menghambat pelaksanaan tanggung jawabnya, dan kepercayaan dewan direksi terhadap kemampuannya untuk memimpin OpenAI mulai melemah. 

"Kepergian Altman dilakukan setelah proses peninjauan oleh dewan direksi, yang menyimpulkan kalau ia tidak konsisten dalam berkomunikasi dengan dewan direksi, sehingga menghambat kemampuan dalam melakukan tanggung jawabnya. Dewan direksi tak yakin Altman mampu melanjutkan dan memimpin OpenAI," tulisnya dalam blog resmi perusahaan.

Greg Brockman, salah satu pendiri dan presiden OpenAI, juga dikabarkan mengundurkan diri dari posisi chairman dewan direksi. Altman, yang sebelumnya terlibat dalam penggalangan dana untuk fokus pada 'hard tech,' menyatakan rasa suka cita selama bekerja di OpenAI dan tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang alasan pemecatannya. 

"Saya menyukai selama saya bekerja di OpenAI. Ini transformatif untuk saya pribadi, dan harapannya bisa sedikit mengubah dunia. Namun yang saya paling suka adalah bekerja dengan orang-orang bertalenta," tulis Altman di akun X-nya seperti dikutip The Verge.

Tetap Didukung  

Meskipun pemecatan Altman terjadi secara mendadak, Microsoft, yang telah berinvestasi besar di OpenAI, menyatakan komitmen untuk terus bekerja sama dengan OpenAI di bawah kepemimpinan Mira dan timnya. "Kami punya kerja sama panjang dengan OpenAI dan Microsoft akan berkomitmen pada Mira dan timnya seiring dengan kami membawa era baru AI ini ke konsumen kami," tulis Microsoft dalam pernyataannya.

Kabar pemecatan Altman ini sangat mendadak dan menjadi menarik karena ia selama ini adalah wajah OpenAI, terutama sejak OpenAI membuat perkembangan AI menjadi sangat menarik sejak mereka merilis ChatGPT tahun 2022 lalu. Altman juga baru membuka konferensi DevDay pertama OpenAI, dimana mereka mengumumkan sejumlah pembaruan besar untuk bisa bersaing dengan perusahaan teknologi besar seperti Microsoft dan Google.

Baca Juga: OpenAI Hentikan Sementara Pendaftaran Pengguna ChatGPT Plus

Baca Juga: Canggih, Chip Teranyar Nvidia Ini Bisa Proses Sistem AI Lebih Cepat