Find Us On Social Media :

Sering Berkata Jorok, Discord Hentikan Operasional Chatbot AI Clyde

By Adam Rizal, Selasa, 21 November 2023 | 13:30 WIB

Discord Berbasis AI

Discord menutup fitur chatbot AI Clyde walaupun usianya belum genap berusia satu tahun. Discord mengungkapkan pengguna tidak dapat lagi berinteraksi dengan Clyde melalui Direct Message (DM), Group DM, atau server chat mulai 1 Desember mendatang. 

Meskipun demikian, Discord berkomitmen untuk terus menyajikan fitur baru dan memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Clyde, yang menggunakan teknologi dari OpenAI, diperkenalkan oleh Discord pada bulan Maret lalu sebagai chatbot AI yang dapat digunakan langsung di server pengguna. 

Fitur itu memungkinkan pengguna untuk bertanya, mengajak bermain game, atau bahkan meminta lelucon kepada chatbot AI Clyde. Meskipun bersifat eksperimental dan hanya dapat diakses oleh sejumlah pengguna terpilih, Clyde menghadapi beberapa kritik terkait kematangan fungsionalitasnya. 

Beberapa laporan dari pengguna Reddit menyatakan bahwa chatbot AI Discord ini cenderung merespons dengan kata-kata kurang sopan. Keluhan juga muncul terkait sulitnya beberapa server untuk mendapatkan akses ke fitur ini. Sayangnya, Discord tidak memberikan alasan resmi terkait penutupan fitur chatbot AI ini, dan belum jelas apakah penutupan ini bersifat permanen atau hanya sementara waktu.

Baca Juga: Dipecat OpenAI ChatGPT, Sam Altman Direkrut Microsoft untuk Urus AI

Baca Juga: Tingkatkan Akurasi dan Keamanan, Dropbox Gunakan Teknologi AI NVIDIA