Find Us On Social Media :

Profil Emmett Shear, Pendiri Twitch dan CEO Sementara OpenAI

By Adam Rizal, Rabu, 22 November 2023 | 09:30 WIB

Emmett Shear Menjabat CEO OpenAI Sementara Gantikan Pendiri OpenAI Sam Altman yang dipecat

Akhirnya dewan direksi OpenAI menunjuk Emmett Shear (Pendiri dan Mantan Chief Executive Officer (CEO) Twitch) sebagai CEO sementara OpenAI, menyusul pemecatan Sam Altman (Pendiri dan CEO OpenAI). Sebelumnya, Chief Technology Officer (CTO) OpenAI, Mira Murati, mengisi posisi CEO sementara sebelum kemudian digantikan oleh Emmett.

Emmett mengumumkan penunjukannya melalui akun Twitter pribadinya (@eshear) dan ia menerima jabatan ini dengan komitmen tinggi serta rela meninggalkan fokus pada keluarganya. Sebelumnya, ia mengundurkan diri dari Twitch untuk fokus pada keluarganya, terutama anaknya yang masih bayi.

"Saya mengambil jabatan CEO sementara untuk OpenAI juga karena saya percaya OpenAI adalah salah satu perusahaan penting yang ada di dunia saat ini. Keputusan ini tidak mudah saya ambil, karena saya harus melalui diskusi dengan keluarga saya," ujar Emmett.

Dalam 30 hari pertama sebagai CEO sementara OpenAI, Emmett akan melakukan mencari penyelidik independen pemecatan Sam Altman dari OpenAI. Dia juga berkomitmen untuk menjaga komunikasi yang baik dengan karyawan, mitra, dan klien OpenAI, serta membuat perubahan kebijakan manajemen pasca-kepergian Sam.

Alasan dewan direksi memilih Emmett sebagai CEO karena ia mempunyai pandangannya terhadap etika, bahaya, dan keselamatan penggunaan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di masa depan. Meskipun pemecatan Sam, menurut Emmett, bukan terkait dengan keselamatan AI, dia berjanji untuk membantu memulihkan citra OpenAI.

"Kemitraan kami dengan Microsoft juga saya pastikan akan terus berjalan baik, dan ini merupakan tugas saya ke depan untuk menjalin komunikasi yang baik pula dengan para mitra kami," kata Emmett. 

Sebagai pendiri Twitch, Emmett dikenal karena kontribusinya dalam mendirikan platform streaming Justin.tv pada 2007. Pada 2011, perusahaan beralih fokus ke program streaming khusus game yang dikenal sebagai Twitch. Sejak saat itulah nama Twitch mulai dikenal oleh seluruh orang di dunia, khususnya para gamers. Tiga tahun setelah berganti nama, Twitch diakuisisi oleh perusahaan ecommerce raksasa, Amazon. 

Setelah 16 tahun di Twitch, Emmett mengundurkan diri pada Maret 2023 untuk lebih fokus pada keluarganya. Terhadap perkembangan AI, Emmett diakui sebagai sosok yang memahami risiko dan bahaya yang dapat muncul dari teknologi ini. Dalam sebuah podcast, ia mengungkapkan bahwa meskipun AI adalah teknologi hebat, kecanggihannya dapat menjadi ancaman serius bagi umat manusia, mirip dengan bahaya pemanasan global yang tidak terlihat namun berpotensi merusak.

"Teknologi AI ini bisa menghancurkan umat manusia, seperti bom yang menghancurkan bumi. Kini, bahaya AI tidak terlihat, dan bisa diibaratkan seperti bahaya pemanasan global yang sebetulnya ada di sekitar kita, namun tetap berbahaya bagi bumi. Dan ini merupakan kekhawatiran saya akan AI saat ini," jelas Emmett. 

Baca Juga: Dipecat OpenAI ChatGPT, Sam Altman Direkrut Microsoft untuk Urus AI

Baca Juga: Kinerja Tidak Becus, Sam Altman Mendadak Dipecat dari CEO OpenAI