Find Us On Social Media :

Rekrut Pendiri OpenAI dan Fokus AI, Harga Saham Microsoft Meroket

By Adam Rizal, Rabu, 22 November 2023 | 13:30 WIB

Pertumbuhan bisnis Microsoft melambat, tapi cloud masih tumbuh

Harga saham Microsoft mencapai rekor tertinggi usai kabar perekrutan Sam Altman, mantan bos dan pendiri ChatGPT. Kabar itu membuat harga saham Microsoft meroket dari 369 dollar AS ke 375 dollar AS saat pembukaan bursa. 

Meskipun sempat mencapai 378 dollar AS, harga kembali ke 377 dollar AS pada penutupan. Meski turun sedikit, pencapaian ini merupakan yang terbaik, mengungguli rekor sebelumnya pada 376 dollar AS. Kenaikan harga saham Microsoft itu tidak hanya digenjot oleh perekrutan Altman tetap juga oleh kemajuan Microsoft di berbagai bidang bisnis, khususnya di bidang AI. 

Terancam Gagal

Selain itu, penjualan saham OpenAI senilai Rp1,3 kuadriliun menghadapi ketidakpastian setelah pemecatan Altman. Rencana penjualan tersebut, yang bernilai sekitar 86 miliar dollar AS, berada dalam kondisi tidak pasti setelah perubahan manajemen dan pemecatan Altman. Meskipun Thrive Capital memimpin penawaran tender, situasinya masih belum pasti, dan diperkirakan akan selesai paling cepat bulan depan.

Greg Brockman, presiden dan salah satu pendiri OpenAI, yang mundur dari dewan sebagai ketua, sebagai bagian dari perombakan manajemen, keluar dari perusahaan. Kepergian tersebut mengejutkan banyak karyawan yang mengetahui perubahan manajemen yang tiba-tiba dari pesan internal dan blog publik perusahaan.

Didukung oleh miliaran dolar dari Microsoft, yang tidak memiliki kursi dewan di organisasi nirlaba yang mengatur startup tersebut, OpenAI memulai kegilaan kecerdasan buatan (AI) generatif pada bulan November lalu dengan merilis ChatGPT. Demikian disiarkan Reuters, Minggu (19/11) waktu setempat.

Kerja Tak Becus

Sam Altman, president and co-founder of Y Combinator, stands for a photograph after a Bloomberg West Television interview in San Francisco, California, U.S., on Tuesday, Feb. 25, 2014. Y Combinator provides investment services, financial assistance, analysis, and advice to startup companies. Photogr

OpenAI resmi memecat pendiri dan CEO Sam Altman dan menggantikannya dengan Chief Technology Officer (CTO) OpenAI Mira Murati untuk sementara waktu. Melalui postingan blog, OpenAI menyatakan niatnya untuk mencari pengganti permanen untuk Altman. Alasan pemecatan tersebut disampaikan sebagai hasil peninjauan oleh dewan direksi, yang menyimpulkan bahwa Altman tidak becus dalam berkomunikasi dengan mereka, menghambat pelaksanaan tanggung jawabnya, dan kepercayaan dewan direksi terhadap kemampuannya untuk memimpin OpenAI mulai melemah. 

"Kepergian Altman dilakukan setelah proses peninjauan oleh dewan direksi, yang menyimpulkan kalau ia tidak konsisten dalam berkomunikasi dengan dewan direksi, sehingga menghambat kemampuan dalam melakukan tanggung jawabnya. Dewan direksi tak yakin Altman mampu melanjutkan dan memimpin OpenAI," tulisnya dalam blog resmi perusahaan.

Greg Brockman, salah satu pendiri dan presiden OpenAI, juga dikabarkan mengundurkan diri dari posisi chairman dewan direksi. Altman, yang sebelumnya terlibat dalam penggalangan dana untuk fokus pada 'hard tech,' menyatakan rasa suka cita selama bekerja di OpenAI dan tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang alasan pemecatannya. 

"Saya menyukai selama saya bekerja di OpenAI. Ini transformatif untuk saya pribadi, dan harapannya bisa sedikit mengubah dunia. Namun yang saya paling suka adalah bekerja dengan orang-orang bertalenta," tulis Altman di akun X-nya seperti dikutip The Verge.

Meskipun pemecatan Altman terjadi secara mendadak, Microsoft, yang telah berinvestasi besar di OpenAI, menyatakan komitmen untuk terus bekerja sama dengan OpenAI di bawah kepemimpinan Mira dan timnya.

"Kami punya kerja sama panjang dengan OpenAI dan Microsoft akan berkomitmen pada Mira dan timnya seiring dengan kami membawa era baru AI ini ke konsumen kami," tulis Microsoft dalam pernyataannya.

Kabar pemecatan Altman ini sangat mendadak dan menjadi menarik karena ia selama ini adalah wajah OpenAI, terutama sejak OpenAI membuat perkembangan AI menjadi sangat menarik sejak mereka merilis ChatGPT tahun 2022 lalu. Altman juga baru membuka konferensi DevDay pertama OpenAI, dimana mereka mengumumkan sejumlah pembaruan besar untuk bisa bersaing dengan perusahaan teknologi besar seperti Microsoft dan Google.

Baca Juga: Ratusan Karyawan OpenAI Ancam Mengundurkan Diri Mengikuti Sam Altman

 Baca Juga: Profil Emmett Shear, Pendiri Twitch dan CEO Sementara OpenAI