Find Us On Social Media :

Nih, Contoh Loker AI Generatif yang Bakal Dicari, Tak Cuma Teknologi

By Liana Threestayanti, Rabu, 22 November 2023 | 20:00 WIB

Generative AI kian dilirik perusahaan. Jumlah lowongan pekerjaan (loker) yang berhubungan dengan AI generatif pun dilaporkan GlobalData meningkat. (ilustrasi digital talent)

Generative artificial intelligence (AI) kian dilirik perusahaan. Jumlah lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan AI generatif pun dilaporkan meningkat oleh perusahaan analitik GlobalData dalam Job Analytics Database.

“Tahun ini, terjadi perkembangan yang signifikan di bidang AI, khususnya chatbot gen AI. ChatGPT dari OpenAI yang meraih popularitas di akhir 2022 telah mendorong perusahaan-perusahaan lain untuk merilis tool AI mereka sendiri. Bard Dari Google dan Llama dari Meta adalah beberapa dari tool AI yang ditulis ke publik pada 2023,” komentar Sherla Sriprada, Business Fundamentals Analyst, GlobalData. 

Laporan terbaru GlobalData, “Global Hiring Activity Trends & Signals - Q3 2023,” menyebutkan ada beberapa perusahaan terkemuka yang mulai gencar merekrut talenta di bidang AI generatif sepanjang Q3 2023 ini, seperti Amazon.com Inc, International Business Machines Corp (IBM), Robert Bosch GmbH, Siemens AG, Ernst & Young Global Ltd, dan GSK plc. 

Apa saja lowongan pekerjaan AI generatif yang dibuka perusahaan-perusahaan tersebut? Ternyata tidak semua lowongan yang berkaitan dengan AI generatif ini di bidang teknis.

Generative AI Innovation Center AWS membuka lowongan sebagai Senior Data Scientist yang nantinya akan bertugas melakukan riset untuk algoritma baru dan mencari cara-cara baru untuk mengoptimalkan risiko, profitabilitas, dan pengalaman pelanggan. 

Generative AI Innovation Center sendiri merupakan tim strategis baru yang bertugas membantu para pelanggan AWS dalam mengimplementasikan solusi AI generatif dan mewujudkan peluang bisnis transformasional oleh Amazon.com Inc. 

Sementara IBM membuka lowongan untuk membangun Watson Code Assistant. Asisten coding ini akan memudahkan penulisan kode melalui rekomendasi yang diberikan oleh AI. Watson Code Assistant menghadirkan kekuatan AI dan automasi bagi organisasi sebagai aset yang strategis dan mudah diakses oleh semua user, bukan hanya para ahli.  

Dengan Watson Code Assistant, perusahaan akan dapat memanfaatkan tool AI generatif dan automasi untuk mempercepat pengembangan kode dan modernisasi aplikasi, sekaligus mengatasi tantangan keterampilan di sisi developer dan kecepatan time to value.

Sementara Robert Bosch GmbH mencari Product Manager/Product Owner Generative AI untuk mengembangkan produk dan solusi AI generatif bagi para pelanggan. Posisi ini juga akan bertugas mengelola satu produk AI generatif atau lebih sepanjang siklus hidup produk. Hal ini untuk memastikan terciptanya business value yang berkesinambungan bagi pelanggan dan mendorong inovasi di lingkungan Bosch Group.

Menurut pengamatan GlobalData, Siemens AG sedang membuka lowongan Data Scientist (ML & AI) yang fokus pada pemanfaatan generative model untuk menciptakan data atau konten sintetis untuk berbagai aplikasi. Model-model generatif yang dipakai misalnya generative adversarial networks (GAN) atau variational autoencoders (VAE).

Ernst & Young Global Ltd sedang mencari Digital Technology Policy Director yang nantinya bertanggung jawab terhadap isu-isu seputar AI atau AI generatif, cybersecurity, privacy, lokalisasi data, dan hal-hal yang berhubungan dengan kebijakan atau policy.

Sedangkan GSK plc membuka lowongan untuk Business Partner Director, Anti-Infective and Respiratory US Tech – Digital Strategy. Posisi ini bertugas mewujudkan strategi omnichannel/digital dan dukungan rencana peluncuran bagi Anti-Infective and Respiratory Business Unit khususnya di AS. Di mana posisi ini juga akan bersinggungan dengan AI generatif? Business Partner Director juga memiliki tugas mengindentifikasi dan mengelola portofolio inovasi, termasuk pemanfaatan AI generatif, yang berkaitan dengan use case bisnis tertentu.

Baca juga: Kominfo Bakal Terbitkan Pedoman Penggunaan Teknologi AI Desember 2023

Baca juga: Pentingnya AI & Sustainability untuk Membangun Masa Depan Data Center