Find Us On Social Media :

Telkomsel Gunakan Platform Big Data Huawei Cloud untuk Dukung Layanan FMC

By Liana Threestayanti, Jumat, 24 November 2023 | 12:30 WIB

Telkomsel memanfaatkan platform Enterprise Intelligence (EI) dari Huawei Cloud untuk mewujudkan inisiatif Fixed Mobile Convergence (FMC).

Telkomsel memanfaatkan platform Enterprise Intelligence (EI) dari Huawei Cloud untuk mewujudkan inisiatif Fixed Mobile Convergence (FMC). Layanan FMC kan menyediakan layanan komunikasi dan jaringan terbaik bagi konsumen di Indonesia.

Teknologi yang disediakan Huawei Cloud ini juga akan mendukung Telkomsel mengadopsi strategi multi cloud, sebagai bagian dari roadmap Telkomsel sebagai penyedia layanan konvergensi terdepan di tanah air.

Menurut Huawei Cloud, platform Enterprise Intelligence mengedepankan performa tinggi, reliabilitas, dan cost-effective sehingga akan memudahkan Telkomsel menimplementasikan FMC. 

Solusi big data yang tercakup dalam platform Huawei Cloud EI memungkinkan Telkomsel  mengembangkan data governance secara end-to-end dan mengembangkan artificial inteligence (AI) dengan efisien. Solusi big data ini idukung oleh teknologi Lakehouse dan arsitektur storage & compute decoupling yang dapat mengurangi biaya operasional secara signifikan dengan tetap mempertahakan kinerja serta keandalan.  

Teknolog big data Huawei Cloud juga memungkinkan Telkomsel mendapatkan wawasan yang lebih mendalam mengenai permintaan dan ketertarikan pelanggan secara real-time. Dengan cara ini, tim customer care Telkomsel bisa merancang program yang tepat dan efisien, serta menyajikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.Untuk mempercepat digitalisasi, Telkomsel juga akan bekerja sama dengan Huawei Cloud untuk membawa teknologi artificial intelligence (AI) terbaru ke Indonesia. 

"Mengusung semangat untuk terus berinovasi, Telkomsel, sebagai leading  convergence service provider di Indonesia, terus berkomitmen untuk dapat  menghadirkan pengalaman digital terdepan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Telkomsel secara konsisten terus lampaui batas dalam mendorong kemajuan teknologi untuk memberikan pengalaman yang lebih baik melalui pemanfaatan teknologi terkini melalui pendekatan multi-cloud. Kami terkesan melihat solusi-solusi yang ditawarkan oleh Huawei Cloud kepada kami, dan sangat antusias untuk melihat apa yang dapat dicapai melalui kolaborasi yang terjalin ini," ungkap Bharat Alva, Direktur IT  Telkomsel. 

"Terima kasih telah memilih Huawei sebagai mitra cloud. Huawei bertekad untuk  berinvestasi di teknologi Cloud untuk mencapai visi Unleash Digital with Everything as a Service,” ucap Zeng Xingyun, President of Huawei Cloud APAC. 

"Kami  berharap dapat memberikan pelayanan yang dapat diandalkan, aman, dan  berkepanjangan untuk para pelanggan, mitra, dan developer kami, dengan semuanya  diterapkan di atas Cloud,” ia menambahkan.

James Zhang, CEO Huawei Cloud Indonesia menegaskan bahwa Huawei Cloud hadir di Indonesia untuk menjadi fondasi yang dapat dipercaya para enterprise untuk melakukan transformasi digital. 

“Melalui dukungan dari data center lokal, tim lokal, dan support lokal, kami membawa teknologi inovatif dan layanan premium dengan ekosistem yang luas bagi para pelanggan Indonesia. Suatu  kehormatan bagi kami untuk bekerja sama dengan Telkomsel dan kami yakin dapat  memberikan value yang lebih untuk Telkomsel melalui produk dan teknologi kami,”  pungkas James Zhang.

Baca juga: Ronny Tan, Berbagi Jurus untuk Mengoptimalkan Komputasi Awan

Baca juga: Gandeng Huawei, XL Axiata Perdana Gunakan Network Digital Map di Asia Pasifik