Find Us On Social Media :

Empat HP Flagship ini Meluncur Awal 2024, Goyang Penjualan iPhone 15

By Adam Rizal, Minggu, 26 November 2023 | 10:03 WIB

Apple iPhone 15 Pro Max (Apple)

Saat ini Apple merajai penjualan smartphone flagship di dunia dengan mengandalkan iPhone 15 series yang meluncur September lalu. Hal itu membuat pabrikan smartphone lainnya tidak tinggal diam dan akan meluncurkan smartphone flagshipnya pada awal tahun depan untuk menjegal penjualan iPhone 15 series.

Samsung, Xiaomi, Vivo, dan Huawei sudah menyiapkan smartphone flagshipnya yang akan menjadi penantang serius iPhone 15. Saat ini sedang menyiapkan varian baru, Xiaomi 14 Ultra yang akan memperkuat persaingan dengan spesifikasi kamera yang menonjol. Peluncuran dijadwalkan pada April 2024, berdasarkan bocoran dari sumber terpercaya. Xiaomi 14 Ultra akan mendapat peningkatan signifikan pada kapasitas baterai yang ditambah jadi 5.500 mAh dari 5.000 mAh pada seri pendahulunya. 

Selain Xiaomi, Huawei dan Vivo juga turut meramaikan industri dengan meluncurkan flagship terbaru. Huawei P70 direncanakan akan hadir pada Maret 2024, sedangkan Vivo X100 Ultra dijadwalkan untuk April 2023. Rumor menyebutkan bahwa Vivo X100 Ultra akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3 terbaru.

Sensor kamera jumbo berukuran 1-inci dari Sony dijadwalkan akan digunakan oleh Vivo X100 Ultra dan Xiaomi 14 Ultra. Sebaliknya, Huawei P70 diprediksi akan menggunakan sensor kamera buatan sendiri setelah terhalang oleh sanksi AS yang melibatkan kemitraan dengan Sony seperti dikutip Gizmochina.

Xiaomi 14 Ultra juga mengalami peningkatan signifikan pada kapasitas baterainya, meningkat menjadi 5.500 mAh dari seri sebelumnya yang memiliki kapasitas 5.000 mAh. Kehadiran sejumlah flagship dari China di pasar diprediksi akan memberikan tekanan tambahan pada penjualan iPhone 15, yang sebelumnya menghadapi tantangan signifikan di China akibat kehadiran Huawei Mate 60 Pro.

Dengan kompetisi yang semakin ketat, pasar China menjadi arena persaingan yang penting bagi kedua belah pihak, dengan dampak signifikan pada minat konsumen terhadap produk-produk smartphone dari Amerika Serikat. Peluncuran Huawei Mate 60 Pro yang diluncurkan hanya berselang dua minggu sebelum perilisan iPhone 15. Huawei Mate 60 Pro laku keras di China dan membuat minat ke iPhone 15 menurun. Padahal, China merupakan salah satu pasar terpenting bagi bisnis Apple.

Samsung Galaxy S24 Series

Bocoran desain Samsung Galaxy S24 Ultra Series

Samsung akan meluncurkan flagship Samsung Galaxy S24 series pada 17 Januari 2024, lebih awal dari tradisi Samsung yang bisa meluncurkan smartphone Galaxy S series setiap bulan Februari. Menurut laporan dari media SBS Biz Korea Selatan, peluncuran Galaxy S24 Series akan dikemas dalam acara Galaxy Unpacked yang kabarnya akan diadakan di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Informasi tentang tanggal peluncuran Galaxy S24 telah menjadi perbincangan sejak sebelumnya, ketika tipster Ice Universe menyebutkan bahwa seri Galaxy S24 akan diperkenalkan pada tanggal 18 Januari 2024. Karena itu, kemungkinan besar Samsung akan menggelar Galaxy Unpacked pada minggu ketiga pada bulan Januari 2024.

Kabar ini semakin diperkuat oleh laporan lain yang menyatakan bahwa mitra-mitra Samsung sudah mulai memproduksi seri Galaxy S24 lebih awal, sekitar sebulan lebih awal dari jadwal biasanya. Samsung biasanya merilis seri Galaxy S terbaru pada akhir bulan Februari dan membuka penjualan perdana pada awal Maret. Jika seri Galaxy S24 benar-benar dirilis pada pertengahan Januari, maka kemungkinan besar ponsel ini akan mulai dijual pada akhir Januari.

Alasan dari percepatan peluncuran Galaxy S24 ini diyakini sebagai upaya untuk bersaing dengan produk Apple, khususnya iPhone 15. Selain itu, diharapkan bahwa penjualan seri Galaxy S24 dapat membantu meningkatkan pendapatan divisi semikonduktor yang sedang mengalami penurunan.

Laporan dari SBS Biz juga menyebutkan bahwa Galaxy S24 series akan memiliki kemampuan AI yang kuat, mirip dengan teknologi AI generatif seperti ChatGPT atau Dall-E. Selain seri Galaxy S24, SBS Biz juga mengungkapkan bocoran tentang peluncuran Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip yang baru pada tahun depan, yang kabarnya akan diadakan di Amerika Serikat.

Sebelumnya, Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 diperkenalkan di Seoul, Korea Selatan, menjadi kali pertama Samsung mengumumkan ponsel layar lipatnya di negara asal mereka.

Baca Juga: Kelabui Larangan AS, Ini Cara China Mengubah GPU Gaming Jadi Chip AI

Baca Juga: Keuntungan NVIDIA Meroket Berkat Laris Manisnya Penjualan Chip AI