Find Us On Social Media :

Nokia Sukses Rajai HP Feature Phone di Dunia, Ini Kunci Suksesnya

By Adam Rizal, Minggu, 26 November 2023 | 15:30 WIB

Ini Spesifikasi Nokia 2660 Flip, Nokia 5710, dan Nokia 8210 4G

HMD Global, pemegang lisensi merek Nokia, berhasil mendominasi pasar HP fitur atau (Feature Phone) secara global pada kuartal III-2023. Menurut laporan International Data Corporation (IDC), pangsa pasar HMD mencapai 30,7 persen berdasarkan nilai penjualan, mengalami peningkatan signifikan sebesar 4,2 persen dari kuartal sebelumnya.

Bila dilihat dari segi volume pengiriman, pangsa pasar HMD di pasar HP fitur global mencapai 22,4 persen pada kuartal III-2023, naik 2,3 persen dari kuartal sebelumnya. Meskipun demikian, HMD Global menempati posisi kedua dalam pangsa pasar HP fitur global pada periode tersebut.

Pencapaian ini didorong oleh empat faktor utama. Pertama, integrasi konsep ponsel fitur dengan sistem pembayaran instan Unified Payments Interface (UPI) di India, memungkinkan pengguna Nokia bertransaksi secara digital dengan mudah. Kedua, pembaruan pada model-model unggulan dengan desain baru, warna cerah, dan baterai yang lebih besar, seperti Nokia 105 2022, Nokia 110, dan Nokia Xpress Music.

Faktor ketiga adalah penekanan pada desain dan fitur yang mengutamakan pengalaman pengguna. Terakhir, ketersediaan produk baik secara offline maupun online, meningkatkan jangkauan ponsel fitur Nokia. HMD Global berkomitmen untuk mempertahankan dan melanjutkan kesuksesannya, memberikan solusi mobile yang andal dan inovatif sesuai dengan permintaan konsumen seperti dikutip Phone Arena.

Meskipun terjadi dominasi smartphone di pasar, HMD Global, sebagai pemegang lisensi Nokia, tetap aktif merilis HP fitur baru, termasuk di Indonesia. Beberapa produk yang baru-baru ini diluncurkan adalah Nokia 105 (2023) dan Nokia 150 (2023), dengan fokus pada fitur sederhana seperti panggilan suara dan pesan teks, serta beberapa fitur hiburan seperti radio dan game khas Nokia.