Find Us On Social Media :

DCI Indonesia Bangun Data Center Berbasis AI dan Energi Terbarukan

By Adam Rizal, Kamis, 14 Desember 2023 | 11:00 WIB

Ilustrasi Data Center.

PT DCI Indonesia Tbk (DCII) akan segera membangun infrastruktur data center artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia. Presiden Direktur DCII Toto Sugiri mengatakan PT DCI telah menerapkan berbagai proyek berkelanjutan jangka panjang, termasuk peningkatan efisiensi operasional dengan menggunakan AI dan energi terbarukan dalam mengoperasikan pusat data.

"PT DCI akan membangun infrastruktur AI data center dan terus mendukung terciptanya infrastruktur digital dalam negeri yang tangguh, inovatif dan berkelanjutan," katanya.

Selain itu, DCI berkomitmen memperkuat ekosistem infrastruktur pusat data di Indonesia dengan total kapasitas 82MW dan skalabilitas mencapai 1.000MW. DCI juga akan terus mendukung perkembangan pasar cloud, digital platform, enterprise, AI dan lainnya. DCI juga memiliki visi untuk mendukung perkembangan infrastruktur digital berkelanjutan di Indonesia, menunjukkan kapabilitas dan potensi Indonesia sebagai pusat data regional yang handal.

DCII, sebagai data center Tier IV pertama di Asia Tenggara, menawarkan layanan infrastruktur data center yang aman dengan SLA colocation mencapai 99,999 persen atau hanya downtime lima menit setahun. Dengan lokasi pusat data yang berjarak 40 kilometer dari pusat bisnis Jakarta dan platform di berbagai lokasi seperti Cibitung, Karawang, dan Jakarta, DCII telah mempertahankan power uptime 100 persen sejak beroperasi pada tahun 2013.

DCII merespons pertumbuhan pesat kebutuhan pasar pusat data di Indonesia dengan membangun data center baru yang berkelanjutan. Perusahaan ini menunjukkan komitmennya dalam proyek berkelanjutan jangka panjang dengan fokus pada peningkatan efisiensi operasional melalui penggunaan kecerdasan buatan dan energi terbarukan.

Acara DCI Indonesia: 10 Years of Operations dan Malam Apresiasi Pelanggan menjadi momen penting bagi DCI, yang telah mempertahankan posisinya sebagai market leader dan 100% power uptime sejak beroperasi pada tahun 2013. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie serta mitra strategis DCI Indonesia, Salim Group, turut hadir dalam acara tersebut.

Budi Arie mengapresiasi 10 tahun operasional DCI Indonesia dan menyatakan keterbukaan Kementerian Kominfo untuk berkolaborasi dalam pengembangan ekosistem data center Indonesia, termasuk penguatan kebijakan dan upaya terkait lainnya. 

"DCI Indonesia akan menjadi inspirasi bagi pergerakan dan transformasi digital menuju Indonesia Maju 2045," ujarnya dalam keterangan persnya seperti dilansir Antara.

Baca Juga: IBM Ungkap Lima Tren Teknologi 2024, AI Jadi Kebutuhan Utama

 Baca Juga: ManageEngine Prediksi Tata Kelola AI Jadi Prioritas Bisnis Tahun Depan