Find Us On Social Media :

Gebrakan Teknologi AI Generatif Bakal Mengubah Bisnis pada 2024

By Adam Rizal, Jumat, 15 Desember 2023 | 09:00 WIB

Artificial Intelligence (AI)

Sebagai salah satu teknologi paling transformative, teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan diproyeksikan mampu membuka nilai potensi hingga USD 16 triliun pada 2030, mendorong pertumbuhan dan membantu mengatasi beberapa tantangan paling mendesak kita pada layanan kesehatan, manufaktur, produksi pangan, perubahan iklim.

Ada dua elemen penting yang secara fundamental menentukan ketahanan dan kemajuan ekonomi Indonesia;  inovasi teknologi dan produktivitas yang unggul. Ketika bisnis menjadi lebih produktif, bangsa menjadi lebih kompetitif dan makmur. Akibatnya, meningkatnya daya saing nasional. Di sinilah teknologi canggih seperti AI generatif berperan. 

Bappenas memperkenalkan Visi Indonesia Emas 2045. Visi Indonesia untuk mencapai transformasi holistik dengan memanfaatkan teknologi digital zaman baru untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, bisnis ingin menanamkan AI di semua alur kerja, proses bisnis, dan operasi mereka.

Pada IBM Consulting Forum bulan lalu, Rudy Salahuddin, Deputi Menteri di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia berbagi bahwa penggunaan AI generatif berpotensi membuka kapasitas produktif hingga USD 243,5 miliar di Indonesia, setara dengan hampir seperlima dari PDB pada tahun 2022.

Studi lain juga menemukan bahwa pasar AI Generatif di Indonesia diperkirakan akan tumbuh sebesar 24,4 persen CAGR pada tahun 2023, memberdayakan bisnis Indonesia untuk memberikan personalisasi dalam skala besar, memungkinkan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi.

Ketika bisnis menjadi lebih produktif, bangsa menjadi lebih kompetitif dan makmur. Akibatnya, ini berkontribusi untuk meningkatkan daya saing nasional. Di sinilah teknologi canggih seperti AI generatif berperan.

Kebutuhan Tenaga Kerja di Era AI

Teknologi AI generatif mendefinisikan ulang setiap pekerjaan dan setiap tugas, dari entry level hingga level manajemen.   Pemimpin yang memahami cara memberdayakan orang-orang mereka dengan AI generatif akan memiliki dampak berganda pada bisnis mereka. Organisasi harus menjadikan orang, bukan teknologi, pusat strategi AI generatif Anda. 

Sebuah studi IBM mengungkapkan bahwa 40% eksekutif yang disurvei di ASEAN perlu melatih kembali tenaga kerja mereka sebagai hasil dari penerapan AI dan otomatisasi selama tiga tahun ke depan.

Lebih lanjut, Studi CEO IBM 2023 mengungkapkan tantangan utama yang menyebabkan resistensi perusahaan dari manfaat AI, ini termasuk kurangnya keterampilan dan keahlian AI yang diperlukan.

Untuk membantu menutup kesenjangan keterampilan AI global, IBM baru-baru ini mengumumkan komitmen untuk melatih dua juta pelajar dalam AI pada akhir tahun 2026. Untuk mencapai tujuan ini, IBM memperluas kolaborasi pendidikan AI dengan universitas secara global, berkolaborasi dengan mitra untuk memberikan pelatihan AI kepada pelajar dewasa, dan meluncurkan kursus AI generatif baru. 

IBM membuka IBM Academy for Hybrid Cloud dan AI untuk membantu mempercepat aspirasi Roadmap Ekonomi Digital Indonesia untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan keterampilan teknis teknologi dan profesional di Asia Tenggara. 

Terletak di Nongsa Digital Park, Batam, IBM menawarkan kursus AI, hybrid cloud, dan keamanan siber dari program IBM SkillsBuild dan Red Hat. Kurikulum yang ditawarkan oleh IBM Academy juga akan menjadi bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan yang tersedia untuk semua mahasiswa di seluruh Indonesia. 

Saat Indonesia menavigasi perjalanan digital, sangat penting bagi negara ini untuk membangun kolaborasi strategis di seluruh sektor publik dan swasta guna menerjemahkan peluang yang disajikan AI menjadi tindakan yang berarti, memanfaatkannya untuk mendorong pemulihan ekonomi, menjembatani kesenjangan digital, dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan bagi negara.

Baca Juga: ManageEngine Prediksi Tata Kelola AI Jadi Prioritas Bisnis Tahun Depan

Baca Juga: IBM Ungkap Lima Tren Teknologi 2024, AI Jadi Kebutuhan Utama