Find Us On Social Media :

Axioo Hadirkan Solusi Bangun Lab Komputer Sekolah dengan Lebih Efisien

By Dayu Akbar, Jumat, 15 Desember 2023 | 13:35 WIB

Axioo menghadirkan solusi bagi dunia pendidikan dengan menghadirkan GEAR Vlab. GEAR Vlab merupakan platform laboratorium virtual inovatif yang dirancang untuk memberdayakan lembaga pendidikan di seluruh Indonesia. Dengan solusi ini, sekolah dapat membangun satu lab komputer dengan dana lebih terjangkau.GEAR Vlab bertujuan untuk mendukung upaya pemerintah dengan menyediakan solusi hemat biaya yang memungkinkan sekolah untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum mereka tanpa memerlukan infrastruktur yang mahal. Platform ini menawarkan berbagai alat dan sumber daya virtual yang mensimulasikan lingkungan laboratorium dunia nyata, memungkinkan siswa untuk melakukan eksperimen dan mempelajari konsep-konsep kompleks melalui pengalaman digital interaktif.GEAR Vlab merupakan satu sistem virtual menggunakan komputer mini Axioo yang dipersenjatai prosesor Intel. Pilihan prosesor beragam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan dana. Melalui Teknologi Virtualisasi Intel (IDV), GEAR Vlab bisa memanfaatkan jumlah komputer dengan lebih efisien.Dengan memanfaatkan IDV, GEAR Vlab menciptakan lingkungan komputasi virtual yang dinamis dan efisien yang memungkinkan beberapa sistem operasi berjalan secara bersamaan pada satu mesin.

Teknologi ini mengubah satu desktop komputer agar bertindak seolah-olah ada beberapa komputer independen sehingga memberikan fleksibilitas bagi berbagai aplikasi pendidikan untuk beroperasi secara bersamaan tanpa gangguan.

Pada acara peluncuran GEAR Vlab ditunjukkan bahwa satu komputer mini berperan sebagai server dan empat komputer mini lainnya sebagai komputer client yang digunakan hingga 8 siswa.Keunggulan yang ditawarkan GEAR Vlab selain dapat mengurangi kebutuhan akan banyak mesin fisik, juga menurunkan biaya keseluruhan bagi lembaga pendidikan sampai dengan 30%. Selain itu, setiap mesin virtual bisa beroperasi dengan performa tinggi, seolah-olah berjalan pada perangkat keras khusus mereka sendiri.

Dalam hal fleksibilitas, GEAR Vlab mendukung berbagai perangkat lunak dan aplikasi pendidikan serta melayani berbagai mata pelajaran dan metode pengajaran.

GEAR Vlab juga memiliki sistem NAS yang menyediakan penyimpanan konten secara lokal sehingga murid ataupun guru dapat mengakses konten tanpa harus terhubung ke internet. Selain efisiensi, ini juga jadi solusi bagi sekolah yang terkendala dengan jaringan internet, khususnya di daerah-daerah dengan koneksi internet yang kurang memadai.Bagi sekolah atau lembaga yang hendak menggunakan GEAR Vlab tidak perlu kuatir akan proses pemasangan sistem. Axioo sudah mempersiapkan tim untuk melakukan proses pemasangan hingga training bagi guru ataupun siswa agar dapat memanfaatkan sistem tersebut dengan baik. Nantinya pihak sekolah hanya perlu menyediakan ruang beserta kursi dan meja saja.GEAR Vlab sendiri ditawarkan dengan harga mulai dari 50 juta hingga 400 juta rupiah, tergantung dari jumlah komputer serta perangkat pendukung lain yang dibutuhkan.